Space Iklan
Pariwara
Buton

Banyak Lomba Meriahkan Festival Budaya Tua Buton

WA ODE AMALA/KENDARI POS
FESTIVAL : Sekdis Pariwisata Buton Rusdi Nudi (kiri) bersama koleganya, Sekdis Kebudayaan, Ld. Zainal Abidin (tengah) dan Sekdis Kominfo, Alimuddin Matu saat memberi penjelasan terkait persiapan helatan berbagai lomba pada ajang Festival Budaya Tua.

KENDARIPOS.CO.ID — Berbagai persiapan menyambut helatan Festival Budaya Tua Buton pada Agustus lalu, kian dimatangkan. Tahun ini, event tersebut mengusung tema “Budaya Buton Memperkuat Pesona Budaya Indonesia”. Sekretaris Dinas Pariwisata Buton, Rusdi Nudi, mengatakan, selain menampilkan tarian kolosal, kegiatan tersebut akan diramaikan dengan berbagai kegiatan lomba. Mulai dari tarian, dayung perahu tradisional, bela diri tradisional (pencak silat), fotografi, lomba karya tulis, lagu daerah dan lainnya.

“Setiap jenis lomba sudah ada dinas terkait yang ditunjuk untuk menangani. Seperti Dinas Kebudayaan menangani lomba tarian, Dinas Pemuda dan Olahraga menangani lomba dayung, sedangkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengkoordinir lomba fotografi dan karya tulis feature budaya Buton. Dinas Pariwisata menangani lomba gambus dan pentas seni,” jelasnya, akhir pekan lalu.

Di tempat yang sama Sekdis Kominfo Buton, Alimuddin Matu memaparkan, pihaknya sementara menggodok petunjuk teknis untuk helatan lomba foto dan karya tulis. Sekarang mereka bekerja sama dengan media dan dibantu SKPD untuk menyuarakan Festival Pesona Budaya Tua Buton. “Untuk lomba karya tulis dalam bentuk feature. Publikasi kita pakai jasa media cetak, online dan televisi baik lokal maupun nasional,” terangnya.

Di tempat yang sama, Sekdis Kebudayaan Buton, Ld. Zainal Abidin juga menjelaskan, pihaknya telah mengundang dua instruktur untuk melatih lima tarian yang dikolosalkan. Utusan penari berasal dari sekolah tingkat SD, SMP dan SMA. Zona satu di Kecamatan Pasarwajo, Wabula dan Woloa akan berlatih pada tanggal 16 hingga 18 Juli, dan zona dua meliputi Sioantapina dan Lasalimu Selatan berlatih tanggal 19-21 Juli. Untuk zona tiga, Kecamatan Lasalimu dan Kapontori. “Latihan gabungan akan kita mulai awal Agustus,” terangnya. (b/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top