Pariwara
Metro Kendari

Dikbudmora Kendari Pastikan Buku K13 Segera Masuk

Sartini Sarita

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ajaran baru sudah berjalan. Satuan pendidikan sudah melangsungkan proses belajar mengajar semestar ganjil ini. Hanya saja jadwal belajar belum seiring dengan ketersediaan buku bahan ajar sesuai dengan kurikulum yang diadopsi sekolah, khususnya Sekolah Dasar (SD).

Umumnya SD di Kota Kendari belum memiliki buku siswa dan buku guru K urikulum 2013. Sehingga guru kesulitan memberikan penjelasan kepada murid. Solusinya, guru menggunakan cara alternatif dengan meminta murid membuat fotokopi buku pelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006. “Buku murid untuk K13 sudah diterapkan untuk Kelas 1 dan 6. Sedangkan Kelas 2 sampai 5 belum ada. Jadi, kami kesulitan untuk menjelaskan materi kepada murid,”
ujar salah seorang guru yang minta namanya tidak disebutkan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sartini Sarita membenarkan belum adanya buku 2013. Kata dia, buku pelajaran dimaksud memang dibeli dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Namun saat ini buku-buku yang dipesan dari Jawa itu belum sampai ke Kendari. “Buku untuk KTSP dan Kurikulum 2013 memang pakai dana BOS. Itu sudah dipesan hanya belum tiba,” ujar Sartini Sarita, Jumat (13/7).

Mantan Sekretaris Dinas Dikmudora Kota Kendari itu menjelaskan khusus Kelas 1 semua sekolah baik SD dan SMP sudah menggunakan kurikulum 2013. Sementara untuk kelas 2 hingga kelas 6 itu masih ada yang menggunakan KTSP. “Kita pesannya ada KTSP dan ada juga Kurikulum 2013, tergantung kebutuhan sekolah masing-masing,” ungkap Sartini Sarita.

Penyediaan buku murid dan guru Kurikulum 2013 sudah dikoordinasikan dengan rekanan yang menangani pengadaan buku-buku itu. Informasinya bulan Juli ini, semua buku akan sampai di Kendari dan akan langsung dibagikan ke sekolah-sekolah. “Janjinya akhir bulan ini,” imbuh Sartini Sarita.

Meski bukunya belum masuk, Sartini meyakini proses belajar mengajar di sekolah tetap berjalan baik. Para guru sudah mengambil langkah alternatif terbaik. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top