Pariwara
Metro Kendari

Dampak Banjir di Kota Kendari, 45 Hektare Padi Terancam Puso

Salah seorang petani di Desa Lalonggawuna yang sawahnya terkena banjir terendam beberapa waku lalu. Foto : Dok. Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Bukan hanya warga Kendari yang tinggal di bantaran sungai yang menjerit karena “serangan” hujan akhir-akhir ini. Petani di Amohalo Kecamatan Baruga dan Kelurahan Labibia, Mandonga yang sawahnya terendam ikut menjadi korban musim hujan yang melanda wilayah Kota Kendari.

45 hektare padi para petani di Amohalo terancam gagal panen atau puso karena banyak yang rebah akibat genangan air berhari-hari. Padahal usia padi baru mencapai sekira satu bulan. Beruntung, sawah yang terendam hanya puluhan hektare, sehingga petani akan tetap panen di musim panen September mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Siti Ganef mengaku tetap bersyukur karena kondisi persawahan petani tidak sampai puso seluruhnya. “Petani sempat khawatir juga, tapi sekarang sudah berangsur stabil kecuali di minggu pertama bulan ini memang airnya tidak surut-surut,” ujarnya saat di temui, Jumat (13/7).

Di Amohalo kata dia, ada sekira 30 hektare yang padinya terendam kemudian rebah. Sementara 15 hektar lainnya ada di Kelurahan Labibia Kecamatan Mandonga. Petani memutuskan untuk menanam kembali setelah melihat kondisi sawahnya. “Karena padinya rebah, apalagi yang rebah itu yang bijinya besar-besar maka petani memutuskan akan menanam kembali,” jelas Siti Ganef.

Konsekuensinya, jadwal panen yang dilakukan biasanya September akan bergeser. Itu artinya panen tidak serentak dilakukan. “Ada yang panen September dan ada pula Oktober nanti baru akan panen. Tapi yang penting tidak gagal panen,” imbuh Siti Ganef.

Untuk diketahui luasan sawah di Kota Kendari sebanyak 850 hektare. Tersebar di dua titik, yakni 700 hektare di Amohalo dan 150 hektare di Labibia, Mandonga. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top