Pariwara
Buton Utara

RSUD Butur Baru Miliki Izin Operasional

Kasrul

KENDARIPOS.CO.ID — Pelayanan kesehatan di Kabupaten Buton Utara (Butur) terus ditingkatkan. Dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) telah dinilai layak dan terakreditasi. Kendati demikian, tugas Dinas Kesehatan belum tuntas. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang menjadi pusat pelayanan kesehatan di Lipu Tinadeakono Sara tersebut, justru baru sebatas mengantongi izin operasional.

Keterbatasan sarana dan tenaga medis menjadi faktor utama terhambatnya RSUD Butur belum mendapat pengakuan dari tim independen yang dibentuk Kementerian Kesehatan dalam menilai kelayakan pelayanan kesehatan. “Puskesmas Kulisusu dan Waode Buri telah terakreditasi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Butur, Kasrul, kamis (12/7). Ia mengaku, untuk mendapatkan predikat akreditasi bukanlah hal mudah. Pelayanan kesehatan harus ditunjang sarana dan jumlah sumber daya manusia yang memenuhi standar.

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Butur itu mengungkapkan, tahun 2019 mendatang, semua Puskesmas wajib mengantongi pengakuan atas kelayakan pelayanan kesehatan yang diberikan. “Puskesmas yang sudah terakreditasi tentu memiliki pendataan dan inventarisasi lebih baik. Punya standar operasional, fasilitas alat-alat kesehatan memadai dan mengantongi izin operasional,” terangnya.

Pria yang juga seorang dokter itu menambahkan, jumlah Puskemas yang belum terakreditasi di Butur saat ini masih ada delapan. Kasrul berkomitmen, persoalan pelayanan kesehatan menjadi prioritas utama dalam menjalankan amanah sebagai kepala dinas dan menyelesaikan semua problem yang ada. “Pelayanan kesehatan terus dibenahi. Terutama, peningkatan jumlah paramedis. Dokter ahli sudah didatangkan dan kamar operasi dibangun. Proses pengadaan bank darah segera dilakukan. Supaya tindakan operasi bisa dilakukan,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top