Pariwara
Politik

Pleno Pemenang Pilbup Konawe Tetap Tunggu Rekomendasi MK

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Meskipun hasil rekapitulasi suara pemilihan bupati (Pilbup) Konawe telah dipleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat. Namun hingga kini pihak penyelenggara belum juga mengagendakan pleno penetapan pemenang Pilkada di daerah penghasil beras di Sultra. Padahal tidak ada kandidat yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPUD Konawe, Muhammad Azwar mengatakan penetapan pemenang Pilkada tetap harus menunggu rekomendasi MK kendati tak ada gugatan. Sebelum ditetapkan, KPU harus mengurus surat keterangan tidak ada gugatan untuk diregistrasi di MK. Surat keterangan inilah yang menjadi dasar KPU melaksanakan pleno penetapan.

“Iya, sampai sekarang tidak ada gugatan dari paslon lain. Kita juga pantau portal MK, memang tidak ada gugatan yang terdaftar. Tapi, walaupun tidak ada gugatan kita tidak bisa langsung melakukan pleno, sebab dasarnya kita melakukan penetapan harus ada pemberitahuan dari MK dan KPU RI,” ujarnya.

Lanjut Azwar, setelah pihaknya akan melihat hasil register perkara konstitusi di MK, yang secara resmi direkap dari daerah yang mengajukan sengketa. “Atas dasar surat itulah, nanti akan dilakukan proses penjadwalan rapat pleno penetapan calon terpilih. Kita akan ke MK untuk meminta surat keterangan tidak bersengketa dan melampirkan surat itu untuk mengajukan proses pelantikan bupati,”jelasnya.

Sesuai aturan, KPU akan mempersilahkan bagi pihak-pihak yang merasa keberatan dengan hasil yang ada untuk mengajukan gugatan ke MK selama tiga hari. Namun hingga batas waktu berakhir, tidak ada pihak yang mengajukan gugatan ke MK terkait hasil pleno rekapitulasi suara.

“Untuk waktu pengajuan gugatan sudah habis, jadi para kandidat tidak bisa lagi melakukan gugatan ke MK, karena sesuai peraturan yang ada batas pengajuan maksimal adalah 3 hari setelah penetapan keputusan hasil pemenang,” pungkasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top