Space Iklan
Pariwara
Konawe Utara

Pantau Kapal Asing di Konut !

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
PANTAU VESSEL : DPRD Mendesak pihak Dishub dan Syahbandar di Konut serius melakukan pemantauan dan mengecek secara pasti keberadaan kapal asing di Perairan Morombo.

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan vessel milik asing yang berlabuh di Perairan Morombo, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Konawe Utara (Konut), telah diketahui anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Legislator di daerah itu mendesak pihak Dinas Perhubungan Konut maupun Syahbandar Molawe sebagai instansi teknis yang mengetahui hilir mudik armada di perairan, untuk serius mengkroscek keberadaan kapal pengangkut tersebut.

Jangan sampai keberadaan vessel di wilayah Morombo itu ada niatan negatif untuk mengambil ore nikel secara tersembunyi dan terstruktur, tanpa sepengetahuan Pemkab Konut. Dugaan itu dilontarkan Ketua DPRD Konut, Jefry Prananda. “Syahbandar dan Dishub perlu mengkroscek dokumen dan legalitas mereka kalau memang memenuhi syarat berlabuh di Perairan Konut. Jangan tutup mata dengan kondisi itu. Jangan sampai ada misi terselubung,” kritik Jefry Prananda, Kamis (12/7).

Ketua DPC Partai Demokrat Konut itu menambahkan, meski kemudian keberadaan kapal dan orang-orang di dalamnya itu hanya untuk menghindari cuaca buruk dan berlindung di Perairan Morombo, pihak Dishub dan Syahbandar harusnya tak percaya begitu saja. Melainkan perlu turun ke lokasi untuk mengetahui isi kapal yang berlabuh. “Kita khawatirkan jangan sampai ada penyelundupan. Itukan yang belum kita ketahui. Makanya cek di lokasi. Apakah memang benar mereka menghindari cuaca buruk. Makanya harus dicek, jangan berdiam diri harus turun lapangan,” desak politikus muda tersebut.

Kalau dari Dishub Konut dan Syahbandar Molawe beralasan keberadaan kapal asing berlabuh di Perairan Morombo, maka patut dicurigai dan diwaspadai. Sebab harus dilihat izin lintasannya. Jangan hanya sebatas lisan tanpa ada tindakan pengawasan dalam bentuk pemeriksaan dokumen. “Kan kita tidak tahu apa yang ada di dalam vessel itu. Jangan sampai ada penyelundupan narkoba. Kita tidak ingin kejadian seperti di Morowali, Sulawesi Tengah ada penangkapan. Makanya harus dikroscek, bukannya kita alergi dengan kapal asing. Tetapi perlu kita waspadai juga,” ulang Ketua DPRD.

Seperti diketahui, terdapat empat vessel berlabuh di Morombo sejak sepekan. Informasi yang dihimpun, kapal tersebut mengangkut bahan-bahan pembuatan industri pabrik yang akan dibawa pada salah satu pabrik di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top