Pariwara
Buton Utara

Honorer Minimalisir Kekurangan Guru di Butur

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
HONORER : Untuk mengantisipasi kekurangan tenaga guru di Butur, pihak Dinas Pendidikan merekrut tenaga honorer agar proses belajar mengajar tak terhambat.

KENDARIPOS.CO.ID — Kekurangan tenaga pendidik masih dirasakan di Kabupaten Buton Utara (Butur), khususnya untuk guru beberapa mata pelajaran. Mulai dari Agama, Pendidikan Jasmani, guru kelas, Bahasa Inggris hingga Matematika. Untuk menutupi kekurangan tersebut, pihak Dinas Pendidikan Butur memberdayakan tenaga pengajar berstatus honorer. Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana, mengakui, ada satuan pendidikan yang masih kekurangan guru berstatus aparatur sipil negara (ASN) untuk beberapa mata pelajaran. Kendati demikian, proses belajar mengajar di sekolah tetap berjalan.

Kekosongan bisa teratasi dengan adanya guru honorer. Butur kekurangan guru mata pelajaran, utamanya untuk jenjang SD. “Diantaranya guru Agama, Penjas dan guru kelas,” ujar Agus Pria Budiana, Kamis (12/7). Untuk tingkat SMP, beberapa sekolah masih kekurangan guru Bahasa Inggris dan Matematika. “Ini tertutupi dengan adanya pegawai tenaga kontrak,” ungkapnya. Untuk membayar gaji guru honorer, dialokasikan anggaran dari daerah. Kurang lebih ada seratusan tenaga pendidik honerer dikontrak untuk mengajar pada sejumlah satuan pendidikan.

“Selain itu, gaji guru honorer dianggarkan dalam biaya operasional sekolah,” tambahnya. Mantan Camat Bonegunu itu berharap, Butur mendapat jatah pegawai negeri sipil untuk tenaga pendidik. Sehingga kekurangan tenaga pengajar pada beberapa mata pelajaran tak terjadi lagi. “Kekurangan tenaga pendidik kami sudah laporkan dan diusulkan dalam penerimaan CPNS tahun ini,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top