Pariwara
Politik

Belum Ada Pendaftar Caleg di Provinsi Sultra, Pengamat: Parpol Kekurangan Kader

KENDARIPOS.CO.ID — Pendaftaran bakal calon anggota legislatif sudah sepekan lebih dibuka. Namun hingga kamis (12/7), belum ada satupun partai politik (parpol) yang mendaftarkan calegnya. Padahal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya memberikan waktu sampai 17 Juli.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo Banne. Dia mengatakan, dari 16 parpol yang berhak melakukan pendaftaran pencalegan, baru 10 konfirmasi ke KPU Sultra untuk mendaftar. “PAN rencana awal mendaftar 12 Juli namun batal. Jadi, sampai sekarang belum ada yang mendaftar,” ungkap Iwan, kamis (12/7).

Dia menambahkan, selain PAN beberapa parpol berencana mendaftar jelang akhir ditutupnya pendaftaran. Seperti Demokrat dan PKB pada 14 Juli, kemudian PPP, Perindo, Golkar dan Gerindra mendaftar 15 Juli sedangkan Partai Berkarya, NasDem dan PDIP daftar 16 Juli. “Itu berdasarkan konfirmasi masing-masing parpol. Untuk Hanura, Partai Garuda, PBB, PKS, PSI, dan PKPI belum ada konfirmasi,” terangnya.

Sementara itu, persyaratan sebagaimana yang tertuang dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan sudah diketahui bersama oleh seluruh parpol. Diantaranya, pernyataan atau pakta integritas bahwa parpol tidak akan mengusung calon yang pernah melakukan tindak pidana, korupsi dan pelecehan seksual terhadap anak. Keterwakilan perempuan 30 persen dari jumlah totalnya. Kemudian, syarat calon oleh calon yang dicalonkan.

“Jika tidak terpenuhi pada saat pendaftaran maka akan dikembalikan dan pendaftaran tidak diproses. Satu dapil saja tidak terpenuhi maka akan tidak diterima,” katanya. Lebih jauh dia menjelaskan, jika parpol tidak memenuhi syarat itu maka akan dicoret. “Kelihatannya parpol belum menyelesaikan upload ke SILON. Sepertinya ada kendala di sini seluruh partai,” bebernya. Ditegaskannya, tidak ada toleransi bagi parpol yang terlambat. Hari terakhir pendaftaran akan dibuka hingga pukul 24.00 wita. Pihaknya, memastikan siap melayani dan akan melakukan penerimaan yang penting dibawah jam 24.00 wita. “Lewat jam tersebut tak akan diakomodir,” ujarnya.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top