Pariwara
Metro Kendari

Triwulan II, Serapan Anggaran Pemprov Sultra 40 Persen

Hj. Isma

KENDARIPOS.CO.ID — Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi Sutra, Hj. Isma mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memperhatikan realisasi program tahunan masing-masing. Saat ini peningkatan serapan anggaran cenderung membaik. Namun sejumlah proyek penting yang ditangani OPD belum seluruhnya tuntas.

Hj. Isma memastikan serapan anggaran di triwulan II tahun ini lebih baik daripada triwulan II tahun lalu. “Tahun lalu habis triwulan II itu hanya 35 persen. Nah sekarang sudah 40,92 persen. Cukup baik,” ujarnya, Rabu (11/7).

Hj. Isma mengingatkan sejumlah OPD agar memperhatikan realisasi program karena memasuki pertengahan tahun pekerjaan fisik sudah harus berjalan. Terlebih proyek yang dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK). “DAK ini juga yang penting, karena belum semua ditransfer pusat. Itu ada di Diknas, Kesehatan, RSJ dan lain-lain. Paling besar itu di Diknas, ada ratusan miliar di sana,” rincinya.

Pantauan Hj.Isma, rata-rata OPD sudah melakukan lelang. Tapi itu belum cukup syarat untuk pencairan anggaran. Mesti sampai pada penandatanganan kontrak. “Nanti setelah kontrak baru kita bisa masukan diaplikasi. Setelah itu baru ditransfer di Kas Daerah (Kasda). Dari Kasda baru ke OPD,” terangnya.

Hj.Isma berharap sebelum APBD Perubahan 2018, trend (kecenderungan) realisasi anggaran harus mencapai 70 sampai 80 persen agar urusan laporan akhir tahun lebih mudah. “Yang penting juga harus berimbang antara anggaran yang diserap dan progres pekerjaan di lapangan,” tandasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top