Pariwara
Politik

Pendaftar Bacaleg di KPU Konsel Masih Sepi, Parpol Baru Sebatas Konsultasi

Aliudin

KENDARIPOS.CO.ID — Lima hari lagi, masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) akan diberakhir. Namun hingga kini, belum ada partai politik (Parpol) yang mengajukan dokumennya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari. Kendati demikian, ada beberapa Parpol telah mengkonfirmasikan ke penyelenggara akan segera mengajukan berkasnya.

“Belum ada yang masuk. Namun sudah ada beberapa Parpol datang. Hanya saja kedatangan mereka baru sekedar melakukan konsultasi,” beber Jumwal Saleh, Ketua KPU Kota Kendari saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/9).

Ia berharap Parpol tetap memasukan berkasnya lebih awal. Dengan begitu, masih ada kesempatan bagi Parpol untuk melakukan perbaikan. Makanya, KPU telah menggelar rapat koordinasi dengan Parpol dan instansi terkait lainnya beberapa waktu lalu. Tidak hanya mensosialisasikan tata cara pendaftaran, namun mengajak Parpol memasukan dokumennya.

“Sesuai jadwal, tanggal 17 Juli akan ditutup. Dari beberapa Parpol yang berkonsultasi ke KPU, Golkar telah mengkonfirmasi baru akan mendaftar Bacalegnya di atas tanggal 14 Juli,” kata pria yang akrab disapa Alex ini.

Bila Parpol baru mengajukan diakhir masa pendaftaran lanjutnya, KPU harus siap kerja ekstra. Pasalnya, berkas yang akan diverifikasi akan menumpuk. Sebab setiap Bacaleg masing-masing Parpol akan diverifikan persyaratan pencalonannya. Dengan kuota 35 kursi DPRD Kendari, maka ada 35 Bacaleg yang akan verifikasi tiap Parpol.

“Bukan hanya itu, keterpenuhan kuota 30 persen Bacaleg¬† perempuan juga harus diperhatikan. Termasuk pakta integritas bahwa paslon yang mereka daftarkan bukan mantan narapida, kasus korupsi dan pelaku pelecehan seksual terhadap anak,” jelasnya.

Untuk mempermudah pelayanan, pihaknya selalu standby menanti parpol yang mendaftarkan Bacaleg-nya. “Panitia dari KPU pun setiap waktunya siap siaga. Pada prinsipnya kita (KPU) siap melayani dengan baik,” tandasnya.

Suasana serupa juga terjadi di Konawe Selatan (Konsel). Hingga kini, belum ada satu pun Parpol yang memasukan berkas pendaftaran Bacaleg-nya ke KPUD setempat. “Belum ada yang masukan berkasnya hingga saat ini, masih sepi,” ungkap Aliudin, Ketua KPUD Konsel Rabu (11/9).

Ia mengaku tidak tahu penyebabnya. Padahal KPU telah mengumumkan jadwal pendaftaran. “Sudah pernah diumumkan jadwalnya di media, mulai dari tanggal pendaftaran dan batasnya. Hanya saja, sampai saat ini belum ada yang masukan berkas,” jelasnya.

Adapun parpol yang datang sambung mantan ketua PPK kecamatan Lainea, baru sebatas konfirmasi. “Hasil konfimasi dari beberapa parpiol, rencana tanggal 12 Juli partai PAN. Tanggal 14 Demokrat, dan tanggal 16 PDIP dan NASDEM. Itupun hanya informasi via telpon,” tandasnya. (b/wan/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top