Pariwara
Buton Tengah

Pembangunan TPAS Metere di ButengTerkendala Lahan

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buton Tengah (Buteng) sementara berupaya mengatasi kendala dalam pembangunan tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) di Desa Metere. Pasalnya, tim pusat sudah melakukan survei dan bersedia mendanai pembangunan fisik TPAS tersebut. Namun masalah yang dihadapi adalah, pemilik lahan berharap mendapat kompensasi. Kepala DLH Buteng, Alimuddin, mengatakan, pembangunan fisik TPAS membutuhkan lahan kurang lebih seluas lima hektare. Tiga hektare lokasi sudah dihibahkan, sementara untuk dua hektare lainnya, pemilik lahan meminta kompensasi. Artinya, pemerintah kabupaten (Pemkab) harus melakukan upaya pembebasan lahan.

“Pembangunan TPAS di Metere hanya tinggal pembebasan lahan. Karena pemerintah pusat sudah mengalokasikan anggaran pembangunan fisik. Kami sementara menunggu keputusan pemilik lahan untuk menghibahkan tanahnya atau tidak. Yang jelas, masalah ini sementara dalam proses penyelesaian,” ungkapnya, rabu (11/7).

Alimudin menjelaskan, pihaknya sudah sepakat jika pusat memberikan dana pembangunan fisik, sementara Pemkab bertanggung jawab menyediakan lahan. Jika tak bermasalah, maka pemerintah pusat akan mengucurkan anggaran. Dengan demikian, masalah persampahan di Buteng bisa ditangani dengan baik. “Kita sudah memiliki memorandum of understanding yang ditandatangani pimpinan daerah terkait kesediaan menerima bantuan pusat untuk pembangunan TPAS. Mulai dari bank sampah hingga sarana prasarana proses limbah. Dana pusat sudah ada, kita hanya tinggal mengurus persoalan lahan saja,” ulangnya, menegaskan. (c/myu)
2 Lampiran

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top