Pariwara
Bau-bau

Pembangunan Gedung BLK di Baubau Belum Terealisasi

Ahmad Barru

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau membangun gedung Balai Latihan Kerja (BLK) tahun ini, sulit terwujud. Pemerintah pusat tak memberikan dana segar untuk membantu biaya pengerjaan proyek tersebut. Anggaran pembangunan gedung BLK dibebankan sepenuhnya ke Pemkot. “Sesuai hasil konsultasi ke pusat, kita diminta menyiapkan lahan dan mendirikan gedung BLK. Tapi sumber anggaran kita tanggung sendiri. Pusat hanya akan memberikan bantuan kebutuhan peralatan setelah gedung ada,” kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Ahmad Barru, rabu (11/7).

Sebenarnya, pemerintah pusat merespon baik rencana pengerjaan proyek tersebut dengan berjanji akan memfasilitasi seluruh kebutuhan penunjang gedung BLK. “Pemerintah pusat siap memberikan seluruh permintaan peralatan sesuai yang kita butuhkan. Bahkan tenaga pendamping atau instruktur juga akan disiapkan. Hanya saja gedung BLK harus sudah ada,” sambungnya.

Kondisi itu membuat pengerjaan proyek gedung BLK di Baubau sulit dilakukan tahun ini. Pasalnya, tidak ada anggaran untuk membiayai pengerjaan tersebut. Kecuali anggaran disusun dan diajukan pada pembahasan ABDP tahun ini. “Kita sudah konsultasikan ke Pj Wali Kota Baubau, Hado Hasina. Hasilnya, kita disarankan memasukan kebutuhan anggaran saat APBDP ini. Tetapi saya pikir sulit. Karena kalau misalkan pengerjaan baru dimulai setelah perubahan, kapan selesainya,” pesimis Ahmad Barru.

Ia menambahkan, estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk membangun gedung BLK sekitar Rp 4 miliar. Proposal kebutuhan anggaran serta rancangan gambar sudah ada. Tanah untuk tempat pembangunan juga siap di kawasan Batumali, Kelurahan Badia, Kecamatan Murhum. “Itu tanah milik Pemkot dan bersertifikat sekitar 1,3 hektare. Makanya insyaallah tahun 2019 bisa direalisasikan,” pungkasnya. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top