Pariwara
Politik

Memasuki Hari Ke-7, Parpol Tak Kunjung Mendaftar

PENDAFTARAN BACALEG : Komisioner KPU Koltim, Adly Yusuf Saepi (kiri) dan rekannya Hakpri (kanan) tetap stand by di ruang pendaftaran Bacaleg di Kantor KPU Koltim. Hingga hari ke-7, belum ada satupun Parpol yang mengajukan bekasnya. FOTO: KUSDIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim) telah membuka pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat sejak 4 Juli lalu. Meski telah memasuki ketujuh, namun para calon wakil rakyat tersebut belum ada yang datang membawa berkasnya untuk mendaftarkan diri secara resmi di penyelenggara pesta demokrasi itu.

Komisioner KPU Koltim, Adly Yusuf Saepi mengatakan belum adanya parpol yang mendaftar di KPU lantaran masih melengkapi dokumen sebagai syarat menjadi calon anggota dewan. Apalagi para calon harus terdaftar pada sistem informasi calon (Silon) KPU. Nah, nanti yang akan disetorkan di KPU dalam bentuk dokumen fisiknya. Kemudian nantinya KPU Koltim akan memverifikasi data untuk mencocokan antara non fisik maupun fisik.

“Sejak di buka pendaftaran hingga memasuki hari ketujuh belum juga ada dari partai yang datang mendaftarkan anggotanya yang akan diusung pada Pileg mendatang,” katanya saat ditemui di Kantor KPUD Koltim, Rabu (11/7).

Pengajar Universitas Lakidende (Unilaki) menambahkan proses pendaftaran memang berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Sebab ada beberapa syarat yang harus dipenuhi Parpol sebagaiman diatur dalam PKPU nomor 20 tahun 2018 dan putusan KPU nomor 876 2018 tentang pengajuan dan verifikasi Anggota DPRD. Yang mana ditegaskan, mantan terpidana memiliki catat hukum tetap dari pengadilan, serta harus diumumkan di media masa dan mantan terpidana tersebut diberikan dari pimpinan media masa bahwa telah diumumkan di koran.

Adly memprediksi partai akan datang mendaftarkan calon di KPU Koltim sekitar tanggal 13 hingga berakhir masa pendaftaran. Namun demikian, KPU tetap mengingatkan para ketua partai agar memperhatikan Bacaleg yang akan diusung termasuk kelengkapan berkasnya. Pendaftaran akan berakhir 17 Juli pukul 24.00 Wita. Nah, pada rentang waktu pendaftaran ada masa perbaikan jika masa pendaftaran berakhir lalu tidak lengkap maka calon tersebut otomatis digugurkan.

“Sepertinya, para bakal caleg masih sementara melengkapi berkas dan mengisi data di sistem informasi calon (silon) dari KPU, sebelum mereka datang mendaftar diri di KPU Koltim. Saya harap lebih cepat lebih baik berkas disetorkan kalau sudah clear syarat dan berkas lain sesuai PKPU tentang syarat calon anggota legislatif” jelasnya.

Ditempat yang sama, Koordiator Divisi Sosialisasi KPU Koltim, Hakpri mengatakan dirinya bersama komisioner lainnya masih menunggu partai yang mengajukan dokumen fisik secara resmi di KPU. Namun sampai hari ini, belum ada partai yang datang membawah dokumennya.

“Kami di KPU hanya menerima telpon dan konsultasi langsung harus proaktif dan rutin jika ada salah satu syarat tidak dipahami. Insya Allah KPU siap melayani dan memberikan solusi” imbuhnya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top