Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Koperasi Dorong Kemajuan Ekonomi Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Aktifnya Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di suatu wilayah diyakini dapat meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut. Ini pula yang terjadi di Sultra, dimana saat ini tercatat 3.369 koperasi pada 17 kabupaten/kota yang aktif melakukan usaha yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Bumi Anoa.

Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Sultra Adrian Nursalam mengungkapkan, kondisi koperasi di Sultra saat ini rata-rata berada pada jalur yang baik jika dilihat dari segi volume usaha yang dilakukan. “Jika berkembang, maka akan berdampak positif pada sisa hasil usaha (SHU) koperasi tersebut,” katanya

Dijelaskan bahwa fokus dari kegiatan koperasi yang aktif, bisa dilihat dari segi tumbuh dan berkembangnya koperasi itu. “Seperti memiliki permodalan yang mapan, tingginya volume usaha, sisa hasil usaha yang menguntungkan serta bertambahnya jumlah anggota,” bebernya.

Lanjut dia, tumbuh dan berkembangnya Koperasi dan UMKM di Sultra tidak lepas dari peran pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM dalam melakukan pembinaan dan menumbuh kembangkan koperasi dan pelaku UMKM khususnya di Sultra. Seperti, alokasi bantuan dana bergulir dari Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UMKM. “Bantuan ini sifatnya pinjaman dengan suku bunga yang sangat rendah sekitar 3 sampai 4 persen dibandingkan dana kredit usaha rakyat (KUR) dari perbankan sekitar 6 persen,” tambahnya.

Hal ini menjadi kabar baik bagi pelaku UMKM tentunya. Pelaku UMKM bisa mengembangkan usahanya berkat adanya bantuan dari pemerintah. Sedangkan untuk koperasi, bantuan tersebut selain menambah permodalan juga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Andrian mengingatkan, untuk koperasi wajib melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) untuk mempertanggungjawabkan segala aktivitas usahanya. “Untuk koperasi primer melaksanakan RAT selambat-lambatnya 3 bulan setelah tahun buku, sedangkan untuk koperasi sekunder paling lambat 6 bulan setelah tahun buku,” tandasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top