Pariwara
Kolaka Utara

Kolut Dapat Jatah 50 Unit Rumah Nelayan

Ilustrasi rumah

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali memberi kuota pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) untuk membangun 50 unit rumah nelayan. Realisasinya direncanakan tahun depan dan akan ditempatkan di Desa Lawaki Jaya, Kecamatan Tolala. Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kolut, Firdaus, mengatakan, pembangunan hunian tersebut menggunakan dana APBN dan lahannya telah dipersiapkan dari hibah masyarakat seluas satu hektare. Proposal pengajuan telah direspon hingga pihaknya tinggal menunggu realisasi penganggaran pembangunan.

“Termasuk kelengkapan sertifikat dan bukti hibahnya telah diajukan,” ujarnya, rabu (11/7). Bagi penghuni, Firdaus telah meminta agar memersiapkan persyaratan untuk bisa menempati bangunan tersebut. Tentunya bukan hanya nelayan Lawaki saja yang berhak, namun juga di luar desa itu selagi memenuhi kreteria. Dengan demikian, rencana pembangunan rumah nelayan tahun depan tersebut merupakan kali kedua. 2017 lalu ada 51 unit telah didirikan di pesisir Desa Pitulua.

Anggaran sebelumnya senilai Rp 7,5 miliar. Ia berharap, masih ada lagi bantuan yang bisa digelontorkan pemerintah pusat bagi pengembangan perumahan nelayan. “Agar di desa-desa pesisir tersedia banyak perumahan yang bisa disewa para nelayan di Bumi Patampanua,” sambung Firdaus. Untuk diketahui, rumah nelayan di Desa Pitulua saat ini sudah ditempati. Meski dalam proses pengerjaan yang ditangani PT Tri Tunggal Perkasa Utama itu terjadi kesalahan bestek, namun telah dibenahi kembali setelah mendapat sorotan dari pihak Dinas Perumahan Kolut. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top