Pariwara
Metro Kendari

Ketinggian Tanggul Ditambah, Kolam Retensi, Solusi Atasi Banjir

Banjir di Anduonuhu Beberapa waktu lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Tingginya curah hujan bagi warga Kota Kendari di beberapa lokasi jadi momok. Hujan mengakibatkan debit air sungai atau kali meningkat dan menyebabkan banjir. Tahun ini, sekira tujuh kecamatan dilanda banjir. Warga di sekitar Kali Wanggu harus mengungsi.

Nah, kini Pemkot Kendari sedang menggagas pembuatan kolam retensi. Kolam ini menjadi solusi jangka panjang mengatasi banjir namun harus ditunjang dengan pelebaran alur sungai dan menambah ketinggian tanggul.

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan peningkatan tanggul menjadi program priotas. Dia meyakini hal itu bisa mengatasi masalah banjir. Program ini diperkirakan akan rampung sampai tahun 2020. “Bukan hanya tahun ini. Mudah-mudahan ini bisa rampung tahun 2020, termasuk pembuatan kolam retensi tapi kami khususkan dulu di sekitar Kali Wanggu,”ujar Sulkarnain Kadir, beberapa waktu lalu.

Peningkatan ketinggian tanggul menurut pasangan Wali Kota Kendari, Adriatm Dwi Putra itu sudah sementara berjalan. Ini menjadi langkah konkrit untuk mengatasi banjir, khususnya di Kali Wanggu dan di titik lainnya. “Saat ini kami fokus untuk peningkatan tanggul di Kali Wanggu, nanti kali lainnya menyusul,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Dia berharap program yang disebutkan bisa terealisasi. “Soal rencana relokasi masih akan di bicarakan dengan tokoh masyarakat dan kita juga tidak bisa putuskan sepihak. Wacana pemindahan itu kita masih kaji,” tutupnya. (p1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top