Pariwara
Nasional

Siapa Figur Cawapres Jokowi, Pengamat: Ini yang Harus jadi Pertimbangan Jokowi

Presiden Jokowi

KENDARIPOS.CO.ID — Siapa bakal calon wakil presiden yang dinilai layak mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam kontestasi pilpres 2019 semakin mengemuka. Beberapa petinggi partai yang tergabung dalam koalisi pengusung Jokowi dan relawan Jokowi sudah angkat bicara. Bahkan tak tanggung-tanggung, Presiden Jokowi pun sudah memberi sinyal kalau dirinya sudah mengantongi nama Cawapres.

“Sudah ada, sisa menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya”, kata Jokowi di Jakarta.

Salah satu sinyal yang paling hangat menjadi pembicaraan di masyarakat saat dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri usai bertemu Jokowi di Istana Batu Tulis, Bogor, Minggu (8/7/2018) lalu.

Dalam pernyataan Megawati yang disampaikan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan terkait siapa pemdamping Jokowi nanti akan diumumkan “Pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secercah cahaya ketika matahari terbit dari timur,” ujarnya.

Terkait pernyataan tersebut, Pengamat Politik dan Kebijakan Publik dari Pusat Kajian Politik dan Kebijakan (PKPK) Muh. Saifullah mengatakan, apa yang disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati merupakan sinyal yang cukup kuat untuk bisa dijadikan rujukan dalam mencoba menebak siapa yang bakal mendampingi Jokowi nanti.

Menurut Saifullah, apa yang disampaikan Megawati dalam tradisi Jawa merupakan bahasa ungkapan tidak langsung sebagai tanda, atau simbol yang memang dalam politik Indonesia kerap dipergunakan para elit politik untuk memberi sinyal pada masyarakat.

“Secercah cahaya ketika matahari terbit dari timur merupakan pesan kuat dari Megawati bila pendamping Jokowi sebagai Cawapres nanti adalah sosok yang bisa berasal dari Indonesia Timur atau setidaknya menyiratkan sosok itu berasal dari Timur,” katanya.

“Bila dianalisa lebih jauh, pertimbangan politik yang dirujuk oleh Jokowi memang cukup komprehensif dan tidak hanya sebatas partai atau ketokohan semata” sambung Saiful, di Jakarta, Rabu (11/72018)

Menurut Saiful, disamping pertimbangan partai dan ketokohan, Jokowi pasti melakukan pertimbangan politik seperti bisa membantu calon presiden dalam mendongkrak suara, calon pendamping Jokowi tersebut nanti mampu bekerja dalam ritme kerja yang sama dengan Jokowi serta paham akan detail kondisi agar mengimplementasikan seluruh visi-misi presiden.

1 of 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top