Pariwara
Kolaka Utara

PU Prioritas Aspal Jalan Dua Kecamatan di Kolut

Mukramin

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) saat ini tengah memprioritaskan pengaspalan jalan pada dua kecamatan, yakni Porehu dan Lasusua. Sebagian diantaranya sudah berjalan proses pengerasan dan selebihnya akan dilanjutkan 2019 mendatang. Kadis PU Kolut, Mukramin, menjelaskan, khusus tahun ini yang telah dalam proses pengerjaan adalah ruas Desa Tanggaruru- Bangsala, Kecamatan Porehu. Panjangnya berkisar 13 kilometer dengan anggaran sebesar Rp 3,9 miliar. “Sekarang proses kliring. Kekurangannya nanti dilanjutkan 2019”.

Untuk proyek ini harus berjalan bertahap karena terkendala pendanaan yang terbatas. Pihaknya juga tak ingin bergantung pada dana pinjaman dari PT SMI karena dianggap tak bisa diharap tahun ini bisa diterima. “Setidaknya ada jalan kompas dulu sebagai alternatif jika sudah dikerja hingga pengendara tidak semuanya melintasi jalan nasional lagi,” ungkapnya.

Untuk jalan prioritas kedua yang menjadi target pengaspalan PU yakni rute Desa Latawaro- Totallang, Kecamatan Lasusua. Panjang yang akan digarap berkisar 8 kilometer dengan anggaran sekitar Rp 1,5 miliar pada tahun 2019. PU juga membidik pengerjaan jalan lain untuk digarap seperti rute Lahabaru-Taggeno termasuk pelebarannya. Begitu juga dengan rencana jalan alternatif berstatus jalan negara untuk efesiensi rute. Tentunya itu dikembalikan lagi ke negara apakah mau diambil alih atau tidak. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top