Pariwara
Metro Kendari

Pencucian Pataka Dharma Chakti Raharja, Kapolda Sultra: Jaga Tradisi Sejarah, Hormati Pahlawan Bangsa

PATAKA: Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto melakukan pencucian Pataka Dharma Chakti Raharja di Aula Dachara Polda Sultra, Selasa (10/7). Tradisi ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Bhayangkara ke-72 tahun. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-72 tahun masih berlanjut. selsasa (10/7), Kepolisian Daerah Sultra menggelar pencucian Pataka Dharma Chakti Raharja di Aula Dachara Polda Sultra. Acara ini dipimpin langsung Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto.

Pencucian Pataka dimaknai sebagai tradisi sejarah untuk mengingatkan kembali jati diri Polri sesungguhnya. Yakni sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Hal ini juga untuk menjaga tradisi sejarah dan menghormati pahlawan bangsa.

“Pencucian Pataka merupakan salah satu tradisi ritual. Bangsa yang baik, menghargai pahlawan dan tradisi. Suatu kesatuan dan lembaga yang baik, tentunya ditentukan tradisi yang baik pula,” pesan Brigjen Pol Iriyanto.

Mantan Wadankorps Brimob Polri ini menjelaskan upacara pencucian pataka juga sebagai simbol penghormatan lambang kepolisian. Menurutnya, kesatuan yang solid harus komitmen terhadap tradisi sejarah untuk satu tujuan sama menjaga keutuhan bangsa dan negara. “Menjaga tradisi sejarah dan menghormati pahlawan bangsa,” jelasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, dalam suatu institusi, pendapat dan pemikiran sangat di tentukan oleh sistemnya. Kalau kesatuannya bagus, maka baik pula perannya. Salah satunya adalah Brimob yang sangat solid hingga kini dan tetap menjaga tradisinya. “Memelihara tradisi merupakan bagian komitmen sebagai anggota Polri. Bila tidak dilaksanakan, maka akan menodai citra tradisi sejarah,” ingatnya.

Dia menegaskan, komitmen Polri dalam menjaga bangsa dan negara tidak akan pernah lengkang oleh waktu.

“Polisi selalu komitmen kepada bangsa dan negara hingga saat ini. Hormati pataka yang mempersatukan kita sebagai bagian dari komitmen membela tradisi dan tidak lupa sejarah sebagai komponen utama tegaknya NKRI,” terangnya.

Sebagai tambahan, dalam momen pencucian pataka, Kapolda secara simbolis memegang bendera tersebut. Tahapannya, ada tiga anggota Polri yang bertugas membawa pataka, menyerahkannya kepada Brigjen Pol Iriyanto. Dalam upacara itu, turut hadir Wakapolda, Kombes Pol Winarto, beserta pejabat utama Polda Sultra. Rencananya, hari ini akan digelar upacara peringatan Hari Bhayangkara. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top