Space Iklan
Pariwara
Muna

Pembenahan Poros Tampo di Muna Tunggu APBNP

KENDARIPOS.CO.ID — Intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Muna sebulan terakhir cukup mengkhawatirkan pengguna jalan di jalur Raha- Tampo. Pasalnya, akses poros menjadi ruas utama Pelabuhan Tampo menuju ibu kota Kabupaten Muna itu sering tergenang banjir. Amran misalnya, sopir mobil ekspedisi itu mengaku harus esktra hati-hati saat melintas di jalan tersebut. Terutama di Desa Bonea hingga Lambiku. Genangan air kadang mencapai satu meter dan memaksa mobil harus terhenti menunggu air surut. “Apalagi sekarang ada perbaikan jembatan. Jadi berbahaya, mobil kadang terjebak di lumpur,” jelasnya, selasa (10/7).

Kondisi itu sudah diketahui oleh Pemkab Muna. Bupati, LM Rusman Emba sendiri mengaku telah mengambil inisiatif dengan menghubungi pihak Direktorat Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sebab jalur Raha-Tampo merupakan kewenangan pemerintah pusat. “Kalau jalan kabupaten, kami bisa langsung tangani pakai APBD. Tapi tidak bisa, kewenangannya di balai jalan,” ungkap LM. Rusman Emba.

Ia menambahkan, komunikasi yang dibangun Pemkab sudah membuahkan hasil. Pihak Balai Jalan dari Dirjen Bina Marga belum lama ini meninjau langsung jalur Raha-Tampo itu. Kendati tidak merinci berapa total anggaran yang akan dikucurkan, Rusman optimis pembenahan jalan akan diakmodir di APBN Perubahan. “Bagaimana penanganannya, apakah drainase yang dibenahi, permukaan jalan ditingkatkan atau jembatan diperbaiki, itu teknisnya balai jalan yang ketahui. Kita berharap (APBN) perubahan sudah ada anggarannya,” pungkasnya. (c/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top