Pariwara
Politik

KPU Konut Pastikan Pemilih Pileg Bertambah

Busran Khalik

KENDARIPOS.CO.ID — Menghadapi pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Utara (Konut) mulai melakukan pendataan ulang calon pemilih. Hal ini untuk mengakomodir pemilih baru baik anggota TNI-Polri yang pensiun, pendatang baru maupun pemilih pemula.

“Untuk penetapan daftar pemilih sementara (DPS) Pileg itu akan dilangsungkan tanggal 22 Juli nanti. Setelah itu menuju DPSHP,”ujar Ketua KPUD Konut, Busran Khalik, (10/7).

Pria berkacamata itu menambahkan sekitar 80 persen daftar pemilih tetap pada pemilihan gubernur (Pilgub) lalu akan menjadi pemilih pada Pileg nanti.

“80 persen itu pemilih Pilgub masih akan terakomodir pada Pileg. Untuk jumlah DPT pada Pilgub sebanyak 40.644,”sambungnya.

Dari angka DPT Pilgub sebanyak 40.644 pemilih lanjutnya, kemungkinan jumlah pemilih dalam pemilihan legislatif akan bertambah. Hal tersebut didasari adanya pemilih pemula, TNI/Polri yang pensiun. Termasuk warga dari kabupaten lain yang pindah dan berdomisili di Konut.

Busran Khalik menjelaskan untuk menuju perampungan DPT Pileg, KPUD Konut telah mengagendakan rapat koordinasi dengan PPK dan PPS se-Kabupaten Konut terkait penyusunan DPS menuju DPSHP. “Jadi masih ada dua tingkatan ini. DPS dulu menuju DPSHP baru DPT,”sambungnya.

Sementara untuk pendaftaran calon anggota legislatif (Caleg) KPUD Konut telah lama dibuka oleh penyelenggara sejak tanggal 4 Juli lalu. Sayangnya, sejak pembukaan pendaftaran belum ada satupun caleg yang mendaftarkan diri pada KPUD Konut.

“Pendaftaran Bacaleg sudah dibuka sejak tanggal 4-17 Juli. Itu proses pendaftaran ke KPUD. Tapi sampai hari ini belum ada caleg yang mendaftar atau memasukan berkasnya. Kemungkinan mereka masih sibuk mengurus data-data pendukung diluar,”pungkasnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top