Pariwara
Buton Utara

Butur Dapat 120 Unit Kuota Rumah Khusus

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton Utara (Butur) untuk menurunkan jumlah rumah tak layak huni (RTLH), secara bertahap membuahkan hasil. Proposal yang diajukan untuk mendapat bantuan rumah khusus diakomodir Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat. “Sebanyak 120 unit bantuan rumah khusus diberikan untuk Buton Utara. Sebanyak 50 sampai 70 unit rumah khusus di bangun di Labuan Bajo, Kecamatan Wakorumba Utara. Sedangkan 50 unit lainnya dibangun di Petetea, Kecamatan Kulisusu Utara,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Buton Utara, Armin, saat ditemui di ruang kerjanya, selasa (10/7).

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Butur itu menambahkan, bantuan rumah khusus di Labuan diperuntukan untuk mengganti kediaman warga yang tergusur akibat pembangunan terminal penyeberangan Amolengo-Labuan. “Kemudian di Petetaa khusus untuk nelayan,” jelasnya. Armin menambahkan, tim dari Kementerian PUPR telah meninjau lokasi pembangunan rumah khusus tersebut dan dianggarkan Rp 130 juta satu unit rumah. “Jadi yang dibangun itu permanen. Target rampung tahun 2019,” terangnya.

Mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Butur tersebut mengungkapkan, untuk mendapatkan bantuan rumah khusus harus mengajukan proposal berisi gambaran umum penerima manfaat, lokasi tanah siap bangun, jumlah kebutuhan rumah dan usulan bantuan, surat dukungan dari pemerintah provinsi dan surat pernyataan kesanggupan dari penerima bantuan.

“Peruntukan program rumah khusus ini buat para anggota TNI/Polri, masyarakat di daerah pedalaman, daerah tertinggal, nelayan, perumahan transmigrasi, korban bencana, rumah sosial untuk menampung Lansia dan masyarakat miskin, yatim piatu serta anak telantar,” tandasnya. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top