Pariwara
Konawe Selatan

Berjalan Kaki, Bupati Konsel Salurkan Bantuan

KAMALUDDIN/KENDARI POS
KUNJUNGI WARGA : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat melintasi bantaran sungai untuk mengunjungi warganya yang baru saja dilanda banjir di Desa Laikandonga, Ranomeeto Barat. selasa (10/7)

KENDARIPOS.CO.ID — Terjalnya gunung dan derasnya arus Sungai Konaweeha di Desa Laikandonga, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tak mengurungkan niat Bupati, H. Surunuddin Dangga bersama Wakilnya, H. Arsalim Arifin untuk mengunjungi warganya yang baru saja dilanda bencana banjir. Selasa (10/7), kedua pucuk pimpinan daerah itu bersama Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo rela berjalan kaki sejauh dua kilometer untuk meninjau langsung desa terisolasi tersebut.

Pasalnya, dengan kondisi debit air sungai Konaweeha yang belum surut, akses jalan menuju Desa Laikandonga terputus. Ada sekitar 80 kepala keluarga yang masih terisolir akibat banjir melanda beberapa waktu lalu. Aliran listrik juga terputus. Surunuddin mengungkapkan, pihaknya akan segera mencari solusi dengan memindahkan akses jalan yang dilanda banjir itu. Disisi lain, untuk akses sungai, pihaknya telah menganggarkan pembangunan jembatan semi permanen.

“Saya cukup prihatin melihat kondisi akses jalan satu desa yang terputus ini. Makanya kita datang langsung, bukan sekadar memberi bantuan logistik. Tapi bagaimana memberikan solusi,” ungkapnya, prihatin, selasa (10/7). Konsel-1 itu menjelaskan, sebagai solusi, ia telah menginstruksikan pihak Dinas PU untuk menyusun rencana pemetaan jalan tersebut. Termasuk pembuatan jembatan bailey bermaterial rangka baja ringan berkualitas tinggi, yang mudah dipindahkan, agar dapat menghubungkan kembali akses yang sempat terputus itu.

“Sebagai solusi, jalan yang melewati sungai ini kita pindahkan, kemudian akses dari Dusun I ke Dusun III Desa Laikandonga ini kita bangun jembatan permanen, karena banjir tiap tahun ada. Bantuan yang diserahkan saat ini hanya sekadar mengurangi beban warga. Yang terpenting bagaimana tahun depan tidak terisolir lagi,” janji Surunuddin. Namun untuk mewujudkan itu, pihaknya sangat mengharapkan kerja sama semua pihak, baik DPRD maupun masyarakat sekitar.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top