Pariwara
Kolaka Timur

147 Koperasi Berkembang di Koltim

Sumiarno

KENDARIPOS.CO.ID — Tercatat ada 147 lembaga koperasi serta usaha kecil dan menengah (UKM) yang terdata di Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Lembaga ekonomi kerakyatan di daerah itu diklaim terus berada dalam tren peningkatan. Kadisperindagkop dan UKM Koltim, Sumiarno, mengaku, sejauh ini koperasi di Koltim terus mengalami perkembangan dan minat masyarakat untuk membuka usaha baru, cukup baik.

Pihaknya mendukung pertumbuhan koperasi dan usaha lainnya dengan memberi kemudahan pada proses pengurusan administrasi bila ada berkas berkaitan dengan instansinya. Sumiarno merinci, jenis usaha yang ada saat ini tercatat, Koperasi Unit Desa sebanyak 23 unit, koperasi pertanian delapan lembaga, perkebunan satu unit, kehutanan lima unit, Kopkar satu unit. “Kalau serba usaha jumlahnya 75 unit, koperasi pasar empat unit, koperasi simpan pinjam dua unit, koperasi pegawai negeri tujuh unit dan lainnya,” sebutnya.

Sumiarno memaparkan, untuk tiap kecamatan, di Tirawuta ada 24 koperasi, Loea enam koperasi, Ladongi 36 koperasi, Lalolae lima koperasi, Mowewe 10, Tinondo 10 unit, Uluiwoi 11 koperasi, Kecamatan Poli-polia 15 koperasi, Lambandia 29 koperasi, Dangia satu koperasi. “Saya harap koperasi ini terus aktif dan berkembang. Pemkab akan mendorong kemajuan dan perkembangan usaha,” tandasnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top