Pariwara
Buton Utara

Rp 300 Juta Normalisasi Sungai Wantulasi di Butur

Yurif Halir

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Buton Utara (Butur) menjadi langganan bencana banjir jika musim penghujan datang. Selain disebabkan karena hutan mulai gundul akibat aktivitas pembalakan liar yang marak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan melakukan normalisasi sungai Wantulasi di Kecamatan Wakorumba Utara.

“Untuk mencegah terjadinya banjir susulan karena curah hujan cukup besar, aliran sungai Wantulasi akan dinormalisasi,” ujar Kepala BPBD Butur, Yurif Halir saat ditemui di ruang kerjanya, Senini (9/7).

Mantan Kabag Umum Pemkab Butur itu menambahkan, normalisasi sungai Wantulasi akan menggunakan anggaran tak terduga sebesar Rp 300 juta. Terkait teknis proses pengerukan sungai akan dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dengan mengerahkan alat berat. “Selain sungai dikeruk, beberapa jembatan juga akan dibenahi,” tambahnya.

Yurif menjelaskan, normalisasi sungai dilakukan untuk memperlancar arus air dari hulu hingga ke hilir. “Normalisasi dilakukan saat kondisi sungai sudah terlalu dangkal sehingga membutuhkan pengerukan. Banyak dinding sungai yang rawan longsor. Selain itu sistem aliran belum terbangun dengan baik dan banyaknya daerah aliran sungai yang tak berfungsi maksimal,” terangnya.

Yurif menambahkan, untuk bantuan dari pemerintah pusat terkait penanggulangan bencana belum ada sepeserpun. Penanggulangan darurat bencana sepenuhnya dibiayai pemerintah daerah. “Anggaran untuk membenahi rumah warga yang rusak parah dan sedang, sudah dicairkan. Tim akan segera melakukan upaya perbaikan kediaman masyarakat terkena bencana banjir,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top