Pariwara
Politik

Pendaftaran Bacaleg di KPU Konawe Masih Nihil

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Pemilu 2019 telah dibuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe sejak tanggal 4 Juli lalu. Namun hingga kini, belum ada satu pun partai politik (Parpol) yang mendaftar.

“Sejauh ini masih nihil. Belum parpol yang mendaftar. Padahal kami telah melakukan sosialisasi di media maupun Parpol peserta Pemilu 2019,” beber Muhammad Azwar Ketua KPUD Konawe saat dikonfirmasi, Senin (9/7).

Belum adanya Parpol yang mendaftar kata dia, kemungkinan disebabkan mereka tengah mempersiapkan berbagai syarat pencalonan. Apalagi rentan waktu pendaftaran masih cukup panjang atau sampai tanggal 17 Juli 2018. Namun demikian, KPU tetap mengimbau pada Parpol untuk segera mendaftarkan Bacalegnya. Hal itu dilakukan agar proses pencalegan bisa sesuai jadwal.

Azwar mengingatkan agar Parpol tidak memasukkan mantan terpidana korupsi, narkoba dan pelaku kejahataan seksual terhadap anak. Sebab pelarangan itu tertuang dalam peraturan KPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota pada Pasal 7 huruf h bab pengajuan bakal calon.

Pada pasal 7 huruf g lanjutnya, juga syaratkan agar Bacaleg yang diajukan tidak pernah terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap yang diancam pidana lima tahun atau lebih berdasar putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

“Pada prinsipnya, kami hanya berpegang pada aturan. Makanya, saya berharap Parpol mengajukan calon sebagaimana yang disyaratkan. Saat ini, kami hanya menunggu,” tandasnya.(b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top