Pariwara
Politik

Panwas Kolaka Tetap Tindaklanjuti Dugaan Pelanggaran

Juhardin

KENDARIPOS.CO.ID — Meski pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak telah usai, namun laporan dugaan pelanggaran tetap ditindaklanjuti. Selama tahap pungut hitung, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kolaka masih menerima dan menemukan sejumlah pelanggaran.

“Ada beberapa laporan yang masuk baik yang sifatnya pelanggaran administrasi maupun pidana seperti money politik hingga ketidaknetralan oknum ASN. Sejauh ini masih dalam penanganan,” beber Juhardin, Ketua Panwaslu Kolaka saat dihubungi senin (9/7).

Mengenai dugaan money politik kata dia, buktinya sangat lemah. Makanya, sangat sulit untuk dilanjutkan. Hanya saja, Panwas tetap memberikan kesempatan bagi pelapor untuk menambahkan bukti pendukung. Namun sampai saat ini belum ada. “Kami telah menerima laporan money politic. Tapi secara umum laporan money politic ini sangat lemah buktinya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menerima laporan dugaan pengadaan kartu tanda penduduk (KTP). Laporannya telah diproses oleh pihaknya dan direkomendasikan ke pihak yang berwenang.

“Untuk kasus KTP ini tidak mengandung unsur pidana Pemilu. Sehingga kami rekomendasikan ke pelapor untuk diadukan ke kepolisian,” jelasnya. Laporan lainnya yang masuk kata Juhardin, terkait netralitas ASN. “Ada juga aparat kelurahan yang dilaporkan karena dianggap mempengaruhi pemilih agar memilih salah satu paslon. Laporan tersebut juga sedang diproses,” ujarnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top