Pariwara
Ekonomi & Bisnis

OJK Awasi Industri Fintech di Sultra

Ridhony Marisson

KENDARIPOS.CO.ID — Industri financial technology (Fintech) sedang tumbuh dan berkembang di Indonesia saat ini. Harus diakui kehadirannya turut menggerakkan roda perekonomian bangsa. Hal ini dikarenakan proses pembiayaan yang cepat, tanpa proses yang rumit, serta tanpa tatap muka antara lender (pemberi pinjaman) dengan borrowers (penerima pinjaman).

Kepala Sub Bagian Pengawasan Bank OJK Sultra, Ridhony Marisson mengatakan pihaknya mendukung penuh dengan hadirnya aplikasi Fintech ini karena aplikasi ini bisa mengakses masyarakat yang membutuhkan dengan cepat. “Sekarang sudah era digital, masyarakat bisa bertransaksi dengan cepat dimanapun berada” katanya saat ditemui, Senin (9/7).

Lanjut dia, Fintech hanyalah sebuah aplikasi yang menghubungkan lenders dengan borrowers. “Jadi bukan fintech yang memberikan pinjaman, melainkan lender yang memutuskan memberikan dana atas permintaan atau permohonan dari bollowers melalui aplikasi fintech,” jelasnya.

Karena tidak adanya tatap muka dalam transaksi itu, OJK kemudian hadir melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 77 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. “Dengan aturan ini, diharapkan bisa mengantisipasi risiko atau masalah yang timbul dikemudian hari sehingga tidak ada pihak yang dirugikan,” tukas Ridhony.

Ia menyebutkan saat ini ada 54 Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang bergerak dibidang financial technology (fintech). “Jadi selain dari 54 PUJK yang ditentukan OJK itu, tidak boleh beroperasi,” tegasnya.

Untuk di Sultra sendiri PUJK dibidang fintech masih kurang. “Sekarang fintech masih eksis di Pulau Jawa terutama di Jakarta. Kita berharap
kedepan dengan hadirnya industri fintech dapat mendorong inklusi tahun depan yang ditargetkan harus mencapai 75 persen. Semoga inklusi di Indonesia tercapai dan masyarakat bisa sejahtera,” pungkas Kepala Sub Bagian Pengawasan Bank OJK Sultra. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top