Pariwara
Edukasi

Mahasiswa UNUSRA Belajar Jurnalistik di Kendari Pos

KUNJUNGAN REDAKSI: Mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (UNUSRA) saat melakukan kunjungan ke dapur redaksi Kendari Pos dalam rangka pengenalan proses editing berita, tadi malam (9/7). Foto: KM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Puluhan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (UNUSRA) berkunjung di Graha Pena Kendari Pos, tadi malam (9/7). Tak hanya sekadar menimba ilmu di media pertama dan terbesar di Sultra ini, mereka juga bisa menyaksikan secara langsung proses produksi berita hingga percetakan.

Kunjungan mahasiswa dari Program Studi Ilmu Jurnalistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini diterima langsung Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Arifuddin Mangka dan Manajer Personalia, Aser Rerung. Arif menjelaskan banyak hal kepada mahasiswa tentang mekanisme kerja redaksi di Kendari Pos hingga terkait informasi perusahaan secara umum.

“Kerja redaksi 24 jam. Kami punya reporter yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sultra. Jadi, semua informasi terhimpun di Kendari Pos,” kata Arif. Dia juga menjelaskan tentang proses perencanaan liputan hingga menjadi berita yang terbit dan sampai ke tangan pembaca.

Tak hanya teknis keredaksian, Arif juga menjelaskan secara umum tentang Kendari Pos. Kata dia, media dengan tagline Santun dan Menginspirasi ini merupakan bagian dari Jawa Pos Grup. “Ada 219 perusahaan se Indonesia yang tergabung dalam Jawa Pos grup. Semua saling berkoordinasi, sehingga bisa saling tukar informasi,” jelasnya.

Ketua Program Studi Ilmu Jurnalistik, Mardiana mengungkapkan, ini adalah kunjungan perdana mahasiswanya di Kendari Pos. Dirinya berharap, mahasiswa bisa belajar banyak di Kendari Pos. “Kami memilih Kendari Pos, karena media ini terbesar di Sultra. Banyak jurnalis handal lahir dari media ini,” katanya.

Dia menambahkan, berita yang disajikan Kendari Pos sangat menarik. Makanya, sangat berharap bisa belajar dari media ini. “Mungkin di kampus hanya teori saja, lewat studi lapangan seperti ini, mahasiswa bisa belajar banyak,” imbuhnya. Salah seorang mahasiswa, Rosima mengatakan, kunjungannya ke Kendari Pos menambah pengalaman, ilmu dan wawasan. “Kalai selama ini kami hanya belajar teori, sekarang bisa melihat langsung prosesnya,” ucapnya. Selain mengunjungi dapur redaksi, mereka juga melihat langsung proses percetakan koran. (b/p1)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top