Pariwara
Kolaka Utara

Lahan Bandara Kolut Bergeser

H. Nur Rahman Umar

KENDARIPOS.CO.ID — Lahan rencana pembangunan bandar udara (Bandara) di perbatasan Dusun V, Desa Kaluku-luku dan Dusun I, Desa Lametuna, Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) bergeser ke Perairan Teluk Bone. Pemerintah setempat sudah siap mengalokasikan biaya untuk memenuhi kajian hidro oseanografi. Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar, menjelaskan, lokasi sebelumnya sebenarnya sudah paten, namun akan dilakukan pergeseran dan berada di kawasan pesisir teluk. Hal tersebut dilakukan untuk efisiensi biaya pembebasan lahan serta pengerjaannya.

“Hanya bergeser sedikit saja karena ada lokasi tambak permanen warga. Ini juga akan mengirit biaya pembebasan lahan,” ujarnya. Penetapan luas Bandara sebelumnya memang separuh sudah menempati pesisir perairan dengan cakupan 150 meter di darat dan melebar 150 ke laut. Dengan bergesernya titik tersebut, maka batas areal landasan pacu pesawat itu tepat sisi palung teluk. “Efisiensi pengerjaan di darat karena lahannya tanah labil hingga harus dikeruk dulu, baru ditimbun lagi. Kalau banyak di laut langsung menimbun saja,” terang Bupati Kolut.

Pada penganggaran perubahan tahun, pihaknya sudah menyiapkan dana untuk kajian hidro oseanografi. Nominalnya diperkirakan Rp 380 juta. Kajian tersebut berupa gambaran ringkas dan teori dasar tentang gelombang, analisa angin, arus, pasang surut dan kondisi batimetri pantai. Itu berbeda dengan kajian lingkungan. Setelah semua dokumen persyaratan dilengkapi, maka konsultan perencanaan siap dihadirkan. Artinya, Bandara Kolut sudah dapat dikerjakan dan wilayah tersebut sudah bisa menggunakan transportasi udara untuk mempersingkat perjalanan warga keluar daerah maupun masuk ke Bumi Parampanua itu. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top