Pariwara
Bau-bau

KIPM-KHP Baubau Larang Budi Daya Ikan Berbahaya

KENDARIPOS.CO.ID — Para pengusaha dan peternak ikan di Kota Baubau harus lebih waspada dalam memilih serta melakukan budi daya. Sebab, jika tidak, maka dapat saja berurusan dengan proses hukum. Hal itu seiring dengan adanya penegasan dari pemerintah melalui Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM-KHP) Kota Baubau, yang melarang beberapa jenis ikan untuk masuk dan dipelihara di Indonesia termasuk di wilayah tersebut.

“Terdapat beberapa jenis ikan yang tidak boleh dibudidayakan di Indonesia termasuk Kota Baubau. Sebab sangat berbahaya bagi spesies ikan di laut kita,” kata Kepala Stasiun KIPM-KHP Baubau, Arsal, senin (9/7). Beberapa jenis ikan yang dilarang masuk ke wilayah Indonesia, berdasarkan peraturan Meteri Kelautan dan Perikanan nomor 41 tahun 2014 diantaranya ikan sapu-sapu, piranha, arapaima gigas dan aligator. “Seperti arapaima gibas bentuknya unik dan menarik pandangan, tetapi cukup berbahaya bagi ikan asli Indonesia. Karena bersifat predator dan karnivora dengan memakan ikan lainnya, katak dan burung di permukaan air. Intinya dapat mengancam hewan asli perairan kita,” terang Arsal.

Saat ini, pihaknya masih melakukan sosialisasi ke masyarakat, khususnya para pengusaha dan peternak ikan. Jika nantinya ditemukan masyarakat memelihara spesies ikan yang dilarang tersebut, maka pihaknya akan melakukan penindakan tegas. “Kita minta, kalau ada pengusaha atau pembudidaya spesies ikan yang dilarang undang-undang tersebut, agar menyerahkannya di Kantor Stasiun KIPM-KHP. Karena jika setelah 31 Juli 2018 belum diserahkan dan ada diperjualbelikan, maka kita akan lakukan penindakan melibatkan instansi terkait. Juga melakukan tindakan hukum sesuai aturan yang berlaku,” tandas Arsal, mengingatkan. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top