Space Iklan
Pariwara
Buton

Festival Budaya Tua Buton Dipersiapkan

Abdul Salam

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak Jini lalu, seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mulai memersiapkan helatan Festival Budaya Tua Buton. Sesuai kalender pariwisata nasional, festival kali keenam tersebut akan dimulai pada tanggal 18 hingga 24 Agustus. Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buton, Abdul Salam, mengatakan, pihaknya yang membidangi tarian kolosal sudah mempersiapkan lima jenis seni gerak tradisional Buton untuk memeriahkan acara puncak festival nanti. Tarian tersebut adalah Kaleko, Lawati, Bosu, Potimbe, serta Linda dan Ngibi.

“Tahun ini jumlah penarinya hanya sebanyak 5.000 orang atau kurang setengah dari peserta tari kolosal 2017 lalu,” ujar Abdul Salam, Senin (9/7). Ia menjelaskan, salah satu alasan hingga jumlah penari hanya seperdua dari event sebelumnya, karena dinilai terlalu banyak dan lokasi helatan kurang luas. Ruang gerak para penari tidak begitu leluasa. Pihaknya kini tidak lagi mencari rekor, namun bagaimana supaya lebih menampilkan keindahan tarian dan menarik ditonton.

“Kalau 10.000 penari seperti tahun lalu itu terlalu banyak, padat sekali. Ditontonpun kelihatannya seperti tidak beraturan. Makanya kita harus kurangi supaya lebih indah nanti dilihat,” jelasnya. Untuk peserta penari yang akan direkrut nantinya dari pelajar SD dan SMP se Kabupaten Buton. Ada 1.500 murid SD dan 3.500 pelajar SMP. 750 orang untuk tari kaleko, 750 orang penari lawati, 1.000 orang tari bosu, 1.500 orang tari potimbe serta 1.000 orang tari linda dan ngibi.

Selain tari-tarian, acara malam Festival Budaya Tua Buton akan diisi dengan lomba kesenian seperti lagu daerah dari setiap kecamatan. “Lagu daerah ini nanti terdiri dari satu lagu wajib dan satu pilihan. Sedangkan kalau lomba tarian, tergantung dari setiap kecamatan. Tujuannya supaya muncul ke publik, tarian apa yang belum pernah ditampilkan selama ini,” terangnya. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top