Space Iklan
Pariwara
Buton Tengah

DLH Buteng Minim Sarana Angkutan Sampah

H. Alimuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Penanganan sampah di Buton Tengah (Buteng) masih menjadi kendala bagi pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) karena minimnya sarana prasarana. Saat ini, untuk menangani masalah sampah pada beberapa ibu kota kecamatan, instansi tersebut hanya menggunakan satu unit motor pengangkut. Padahal, agar layanan lebih efektif, dibutuhkan beberapa unit motor, bahkan truk sampah.

Kepala DLH Buteng, H. Alimuddin, mengakui kondisi tersebut. Padahal di daerah padat sampah seperti Lakudo dan Mawasangka, tak bisa dilayani hanya dengan satu unit motor sampah. Pasalnya, jika mengalami kerusakan, maka limbah masyarakat tak dapat diangkut secara maksimal. “Sementara untuk Kecamatan Gu, masalah sampah kami layani dengan truk. Untuk wilayah padat sampah lainnya, tidak hanya memanfaatkan satu unit motor sampah. Kemudian, karena sarana terbatas, maka tenaga kebersihan juga kita minimalisir,” jelasnya.

Memperhatikan kondisi tersebut, maka pihak DLH akan mengusulkan pengadaan dua unit truk sampah. Rencananya, kendaraan itu akan digunakan untuk mengatasi limbah rumah tangga di Lakudo dan Mawasangka. “Namun untuk rencana lainnya, kami akan menambah jumlah motor sampah yang beroperasi,” ujarnya. Alimuddin mengungkapkan, tahun 2019 mendatang pihaknya juga berencana memetakan wilayah untuk mengatasi sampah. Termasuk menetapkan titik-titik tempat pembuangan sementara. “Pasalnya, saat ini baru ada tempat pembuangan sementara yang disediakan masyarakat,” tutupnya. (c/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top