Pariwara
Bombana

Program Gembira Kecamatan di Bombana Direalisasikan

Hadi Rahardjo Putra

KENDARIPOS.CO.ID — Implementasi program Gembira Kecamatan sebagai salah satu penjabaran visi misi Bupati, H. Tafdil dan Wakilnya, Johan Salim, mulai direalisasikan. Pihak Kecamatan Rumbia Tengah mengalokasikan anggaran Rp 662 juta bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) di wilayah tersebut. Camat Rumbia Tengah, Hadi Rahardjo Putra, menjelaskan, bantuan itu disalurkan sesuai usulan tahun 2017 lalu melalui Musrenbang.

“Usulan yang diserap dari masyarakat sejalan dengan imbauan Bupati Bombana, H. Tafdil, bahwa sebagai pelayan masyarakat harus melihat skala prioritas yang menjadi kebutuhan masyarakat di kecamatan masing-masing serta transparan dalam pengelolaannya,” papar Hadi Rahardjo Putra, akhir pekan lalu.

Makanya, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi para penerima bantuan. Salah satunya dilihat dari pengembangan usaha yang ada. Mantan Lurah Doule itu merinci, bantuan sebesar Rp 662 juta pada tahun ini diperuntukkan bagi pengadaan alat yang dipihakketigakan, untuk selanjutnya diserahkan pada warga yang sudah mengusul dan diverifikasi tim. “Ada ketinting fiber Rp 180 juta, bantuan pukat yang bisa digunakan untuk udang, ikan atau kepiting sebesar Rp 40 juta, bantuan pengadaan bubu Rp 22 juta, bantuan pengadaan cold box Rp 70 juta, mesin pembuatan es kristal Rp 25 Juta.

Ada juga usaha perbengkelan Rp 65 juta, pengadaan alat pancing Rp 10 juta, alat cutting stiker Rp 10 juta, pengadaan alat pembuat roti Rp 30 juta, mesin parut kelapa, peralatan tukang kayu, mesin jahit, bantuan ternak sapi hingga alat penjemuran ikan,” rincinya. Ia berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Sebab program Bupati Bombana itu dimaksudkan untuk peningkatan kesejahteraan warganya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top