Pariwara
Buton Utara

Mengajar di Pelosok, Guru di Butur Terima Tunjangan

GURU TERPENCIL : Proses belajar mengajar pada salah satu lembaga pendidikan di Butur. Tahun ini ada 36 tenaga pendidik yang ditugaskan mengajar di pelosok dan mendapat tunjangan khusus. Foto: Hadrian Indra Mapa/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendidikan Republik Indonesia kembali menerapkan kebijakan pemberian tunjangan khusus bagi guru yang mendidik di daerah pelosok. Khusus di Kabupaten Buton Utara (Butur), ada 6 tenaga pendidik mendapatkan apresiasi dari pemerintah atas jerih payahnya mengajar pada wilayah sulit tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana, menuturkan, setelah tunjangan daerah terpencil resmi dihilangkan, Pemerintah Pusat kembali mencetuskan kebijakan memberikan tambahan penghasilan khusus.

“Besaran tunjangan khusus yang disalurkan sesuai gaji pokok setiap guru penerima. Pembayarannya disalurkan pertriwulan atau setiap tiga bulan sekali. Berdasarkan kalkulasi, besaran anggaran yang ada itu hanya mampu mengakomodir 36 guru yang mengajar di daerah terisolir,” ujar Agus Pria Budiana, akhir pekan lalu.

Mantan Camat Bonegunu ni menambahkan, penunjukan tenaga pendidik yang mendapat tunjangan khusus, sepenuhnya dilimpahkan ke Dinas Pendidikan. “Kriterianya, mengajar di daerah pelosok, utamanya Koepesino dan Langere. Dua desa itu hanya bisa diakses menggunakan transportasi laut,” terangnya.

Agus mengungkapkan, tunjangan khusus tersebut merupakan upaya pemerintah memberikan pemerataan akses pelayanan pendidikan termasuk di daerah terpencil atau tak mudah diakses. “Pemerintah terus berupaya memberikan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik mendapatkan pendidikan layak. Jadi guru itu harus sabar dalam menjalankan tugas, kendati tempat mengabdi di daerah terpencil,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top