Pariwara
Politik

Keberatan dengan Hasil Pleno, KPU Sultra Persilahkan Paslon Ajukan Sengketa di MK

Laode Abdul Natsir

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra telah menuntaskan proses rekapitulasi, penetapan sekaligus mengumumkan hasil perhitungan suara pilgub 2018, kemarin. Hasilnya, pasangan calon gubernur nomor urut 1, Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) meraih suara terbanyak. Berdasarkan keputusan KPU Sultra nomor 58/PL.03.06-Kpt/74/Prov/VII/2018 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sultra. Memutuskan, paslon AMAN memperoleh suara sebanyak 495.880. Kemudian, paslon BERKAH mendapat 280.762 suara dan RM-SK memperoleh 358.537 suara.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir mengungkapkan, perolehan suara tersebut merupakan hasil rekap atas perolehan di 17 kabupaten/kota yang dipaparkan oleh KPU masing-masing daerah. Sehingga, pihaknya melakukan pleno, dan hasilnya seperti itu. “Paslon yang merasa keberatan terkait hasil perolehan suara, bisa mengajukan sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP) di Mahkamah (MK),” kata Abdul Natsir,
Dia juga menegaskan, pihaknya sudah siap mempertanggung jawabkan (menghadapi gugatan), termasuk kalau ada yang mempermasalahkan prosesnya. “Kami siap menghadapi gugatan,” tegasnya. Secara umum, lanjut dia, proses pilgub berjalan dengan baik. Kendati ada beberapa kendala di lapangan, namun bisa diselesaikan dengan baik sesuai ketentuan aturan.

Lebih jauh Ojo-sapaan Abdul Natsir menjelaskan, jika tak ada gugatan (PHP di MK), maka paling lama 12 Juli 2018, maka pihaknya akan menggelar pleno untuk menetapkan gubernur dan wakil gubernur terpilih. “Hasilnya, nanti akan kami sampaikan ke KPU RI, Kemendagri, hingga DPRD Sultra. Soal pelantikan, itu domain Kemendagri untuk menjelaskan,” imbuhnya. (b/yog/wan/ing)
//

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top