Pariwara
Metro Kendari

Cuaca Buruk, Harga Ikan Melambung

Harga ikan terus melambung beberapa hari belakangan ini. Melambungnya harga ikan akibat produksi ikan menurun karena cuaca buruk sehingga nelayan enggan melaut. Tampak aktivitas penjual ikan di Pasar Mandonga.

KENDARIPOS.CO.ID — Akibat cuaca yang tidak bersahabat beberapa hari belakangan ini berdampak pada melambungnya harga ikan. Sebagian besar nelayan enggan melaut sehingga pasokan ikan terbatas. Hal itu menjadi salah satu pemicu naiknya harga ikan. Jika semula hanya berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kilo gram, kini mencapai Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu per kilo gram. Jenis ikan yang harganya melambung yakni ikan putih, baronang, sunu dan kakap merah.

Koordinator Sarana dan Prasarana Jasa Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Kota Kendari, Munawar mengungkapkan melambungnya harga ikan diakibatkan curah hujan dan cuaca buruk sehingga sebagian nelayan enggan turun melaut. “Kondisi inilah yang mengakibatkan tingginya harga ikan,” ujar Munawar, Minggu (8/7/2018).

Stok ikan ditentukan jumlah kapal yang masuk dan melakukan aktivitas di PPI. Belakangan ini hanya berkisar 10 hingga 15 kapal ikan yang berlabuh di PPI. Berbeda dengan hari biasanya yang bisa mencapai puluhan kapal melakukan bongkar muat. “Dengan terbatasnya jumlah kapal yang berlabuh di PPI hanya mampu memenuhi konsumsi ikan masyarakat sebanyak tujuh sampai delapan ton perhari. Biasanya 10 sampai 15 ton per hari,” rinci Munawar. Sementara, Amir, salah seorang penjual ikan di PPI membenarkan pernyataan Munawar soal penyebab naiknya harga ikan. Amir mengatakan kenaikan harga ikan karena kondisi cuaca buruk sehingga banyak nelayan tidak melaut. “Saat ini musim angin timur dan banyak para nelayan takut untuk melaut,” ujar Amir. (p1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top