Pariwara
Kolaka Timur

Bantuan Alat Tangkap Nelayan di Kolut Masih Minim

BANTUAN KURANG : Minimnya alokasi anggaran untuk bantuan bagi para nelayan, membuat warga Kolut harus memperbaiki sendiri alat tangkapnya untuk dapat dipakai melaut. Foto: Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Minimnya porsi anggaran untuk membantu para nelayan di Kolaka Tutara (Kolut), membuat warga harus bertahan dengan kemandirian. Salah satunya, Sabri, warga Dusun III Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua. Daripada memanti bantuan pemerintah, ia memilih untuk membenahi sendiri jaringnya yang rusak. “Sering mengusul ke pemerintah desa supaya bisa mendapat bantuan, tapi tidak pernah ada atau memang tak sampai. Yang jelas saya tidak pernah dapat bantuan,” ungkapnya.

Padahal, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kolut dalam menyiapkan bantuan, hanya merespon sesuai ajuan proposal yang masuk. Sebab yang lebih mengetahui pasti masyarakatnya tentu aparat desa itu sendiri. Hanya saja, soal bantuan alat tangkap tahun ini memang minim yang dianggap sebagai “musim paceklik”.

Kondisi tersebut diungkapkan langsung Kepala DKP Kolut, Muhlis Usman melalui Kasi Kapal dan Alat Penangkapan Ikan, Sumardi, Jumat (6/7). “Tahun ini porsi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang ada hanya menyiapkan bantuan nelayan berkisar Rp 200 juta saja. Namun kami masih berbesar hati karena ada dana alokasi khusus yang menunjang. Lesu, tak ada kehidupan tahun ini,” keluhnya.

Dari catatan Sumardi, usulan pengadaan bantuan alat tangkap nelayan hanya pancing rawe tiga unit, jaring dua unit, ukuran 3/4 sebanyak 15 unit dan tujuh berukuran dua inci serta lainnya. Total pengadaannya berkisar Rp 20 juta saja. “Dana selebihnya kita persiapkan untuk bantuan nelayan lain. Ini hanya untuk nelayan yang mengusul. Karena dana kurang, maka didahulukan yang lebih membutuhkan,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top