Pariwara
Nasional

Indonesia Harus Siap Ancaman Perang Dagang

Fadli Zon

KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan melakukan perang dagang dengan Indonesia. Trump akan mencabut sejumlah perlakukan khusus yang menguntungkan perdagangan Indonesia. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, Indonesia sebagai negara berdaulat harus siap menghadapi ancaman perang dagang dari orang nomor satu dari negara adidaya tersebut.

“Kita harus bersiap-siap ya sebagai sebuah negara yang berdaulat,” kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (6/7). Dia menegaskan, politik luar negeri, maupun politik dagang Indonesia adalah untuk kepentingan nasional. Menurut Fadli, untuk kepentingan nasional pada hakikatnya adalah harus menciptakan kebijakan yang menguntungkan. Kalau dirugikan oleh kebijakan sebuah negara, maka pemerintah harus melakukan proteksi terhadap kepentingan nasional.

“Jadi, menurut saya dalam hal ini pemerintah harus menghitung betul kalau ada perang dagang dengan pihak Amerika apa yang kita dirugikan. Kita juga harus resiprokal supaya tidak dirugikan,” katanya. “Sebagai negara yang berdaulat kita harus siap meproteksi kepentingan nasional kita,”jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi mengatakan, Presiden Trump akan mencabut sejumlah perlakukan khusus yang diberikan kepada Indonesia. Di mana, Trump sudah memberikan peringatan kepada Indonesia karena neraca perdagangan selalu surplus. “Special treatmen yang diberi ke Indonesia mau dicabut, terutama tekstil,” ujar Sofjan, Kamis (5/7). (boy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top