Pariwara
HEADLINE NEWS

Segera Diumumkan, Begini Gambaran Formasi CPNS 2018

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana pemerintah pusat mengumumkan penetapan formasi rekruitmen CPNS usai pilkada bergeser dari rencana semula. Kendati begitu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman meminta masyarakat bersabar. Sebab, proses validasi formasi sudah hampir rampung. “Masih proses validasi. Tidak lama lagi akan diumumkan jumlah formasinya,” kata Herman di Jakarta, jumat (6/7).

Ia mengungkapkan sebagai gambaran formasi yang akan diambil untuk formasi CPNS 2018 adalah sebanyak 220 ribu orang. Angka tersebut berdasar dari jumlah pesiunan ASN sebelumnya. “Jumlah pasti formasi yang akan ditetapkan tunggu penetapan dari Menteri PANRB. Prinsipnya, penerimaan masih tetap menggunakan skema zero atau negative growth,” jelasnya.

Soal kendala, Herman enggan berkomentar banyak. Ia mengungkapkan bahwa saat ini semua sedang dalam proses. “Semua sedang diperhitungkan. Mulai dari kebutuhan dan yang utama adalah kemampuan keuangan negara. Jadi ditunggu saja,” tuturnya. Sementara itu, legislator asal Sultra yang juga bermitra dengan Kemen PANRB, Amirul Tamim menduga terlambatnya penetapan formasi CPNS 2018 terkait dengan persoalan biaya. “Kita lihat saja, Kementeriam PANRB dengan 4 jajarannya hanya mendapatkan anggaran tidak lebih dari Rp 1 triliun. Nah, sekarang bagaimana dia mau mengadakan rekruitmen tapi duitnya tak ada,” ungkapnya, jumat (6/7).

Untuk diketahui lowongan terbesar formasi CPNS tahun 2018 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Langkah ini guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan. Rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top