Pariwara
Metro Kendari

Rp 142 Miliar DAK untuk Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini Pemkot Kendari mendapat jatah Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat tahun ini sebesar Rp 142 miliar. Anggaran itu digunakan untuk pembangunan daerah. Hanya saja, dana itu baru bisa ditransfer ke daerah bila setiap unit kegiatan sudah terkontrak.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti merinci DAK Rp 142 miliar itu terdiri dari DAK fisik reguler Rp 127 miliar lebih, sisanya adalah DAK fisik penugasan. DAK fisik reguler dikelola untuk kegiatan pendidikan, kesehatan, perumahan dan pemukiman. Selain itu untuk pasar, sentra industri kecil dan menengah, pertanian, kelautan, pariwisata dan jalan. “Sementara DAK fisik penugasan itu sekira Rp 14 miliar lebih dan dialokasikan untuk air minum, sanitasi, irigasi,” ujar Susanti di ruang kerjanya, Jumat (6/7).

Menurut Susanti, serapan DAK fisik itu saat ini belum maksimal. Baru sekira tujuh persen dari total anggaran yang masuk di kas daerah (Kasda). Kata dia, banyak data teknis yang masih perlu dicocokan dalam data online yang terhubung dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

“Sebenarnya sudah banyak yang terkontrak. Tapi saat dimasukkan dalam data online itu banyak yang harus dicocokan lagi. Ini masalah teknis. Kita sudah lakukan perbaikan lagi. Nanti Senin baru keluar lagi hasil koreksinya dari KPPN,” jelas Susanti.

Pemerintah pusat kata Susanti memberiakan deadline batas penyaluran DAK itu hingga 21 Juli. Dimungkinkan akan diperpanjang karena alasan teknis tadi. “Kita maksimalkan waktu yang ada, masalahnya kan sangat teknis. Bukan kontraknya yang terlambat tapi mencocokan datanya itu yang agak lama,” tutupnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top