Pariwara
Politik

Mantan Terpidana Korupsi Dilarang Nyaleg, KPU Sultra Masih Menunggu Judical Review

La Ode Abdul Natsir

KENDARIPOS.CO.ID — Larangan bagi mantan terpidana korupsi, bandar narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak belum sepenuhnya tertutup. Hingga kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tetap membuka ruang bagi sejumlah pihak yang mengajukan judical review ke Mahkamah Agung (MA). Bila gugatannya dikabulkan MA, PKPU nomor 20 tahun 2018 bisa berubah.

“Pada prinsipnya, kami siap menjalankan putusan KPU RI. Sepanjang belum ada hasil judical review dari MA (untuk Caleg terpidana ) atau arahan resmi dari KPU RI, maka PKPU Nomor 20 Tahun 2018 yang menjadi rujukan,” kata La Ode Abdul Natsir, Ketua KPU Sultra jumat (6/7).

Dalam PKPU sambungnya, pengajuan bakal calon dengan memperhatikan beberapa poin. Pertama, setiap parpol melakukan seleksi bakal calon anggota DPRD secara demokratis dan terbuka sesuai AD/ART atau peraturan internal masing-masing parpol. Kedua, dalam seleksi bakal calon secara demokratis dan terbuka tidak menyertakan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi.

“Jadi dalam perekrutan Bacaleg di partai, telah diperingati untuk tidak menyertakan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi. Makanya, parpol harus mengajukan calon yang memenuhi ketentuan,” jelas mantan komisioner KPU Kota Kendari.

Sejauh ini lanjut pria yang akrab disapa Ojo, KPU tinggal menunggu hasil judical review. Bila MA mengabulkan mantan terpidana 3 jenis hukuman diatas. Dalam arti memerintahkan KPU menetapkan dalam daftar calon tetap, KPU akan melaksanakannya. Demikian pun sebaliknya. Jika hasilnya MA membenarkan apa yg diatur dalam PKPU 20 tahun 2018 tentu saja tidak bisa diakomodasi sebagai calon.

“Jika ada yang memohonkan judical review, kita harap sapat diputus dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dengan demikian, Bacaleg yang tidak lolos verifikasi oleh KPU dapat mengajukan sengketa ke Bawaslu,” pungkasnya. (c/wan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top