Pariwara
Politik

3 Hari Buka, Belum Ada Parpol Mendaftar

KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah dibuka sejak tanggal 4 Juli lalu, namun belum ada satu partai politik (Parpol) yang memasukan berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari. Namun demikian, petugas selalu stand by dan siap membantu proses pendaftaran.

“Sejak dibuka, kami sudah siap memberi pelayanan. Makanya, selama jam kerja staf KPU selalu stand by. Namun hingga hari ketiga, belum ada calon yang mendaftar,” beber Asril, Komisioner KPU Kota Kendari saat ditemui, Jumat (6/7).

Ia menduga saat ini Parpol tengah mempersiapkan berkas pencalonannya. Makanya, belum ada satu pun Parpol yang mendaftar. Syarat pencalonan yakni, Parpol peserta Pemilu dan memenuhi persyaratan lainnya seperti keabsahan partai termasuk kuota 30 persen kaum perempuan. Sedangkan syarat calon haruslah dipenuhi oleh bacaleg dan sebaiknya parpol memastikan bacalegnya memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan oleh penyelenggara.

“Namun demikian, ia tetap mengingatkan agar Parpol segera mengajukan berkas pendaftarannya. Sebab masa pendaftaran hanya sampai tanggal 17 Juli. Namun harus tetap memperhatikan syarat-syaratnya. Kemungkinan mereka masih sibuk mempersiapkan berkasnya,” katanya.

Dijelaskannya, kuota kursi DPRD di Kota Kendari ada 35 kursi. Hal itu sebagaimana keputusan KPU RI nomor 291/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang penetapan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota di wilayah provinsi Sultra dalam Pemilu 2019.

Dapil I meliputi kecamatan Mandonga dan Puuwatu alokasi 8 kursi. Kemudian, dapil II meliputi kecamatan Kendari dan Kendari Barat dengan 7 kursi. Sedangkan, Dapil III adalah kecamatan Abeli dan Poasia dengan kuota 6 kursi. Selanjutnya untuk dapil IV yakni Kecamatan Baruga dan Kambu dengan jumlah kursi 6. Terakhir dapil V yaitu untuk kecamatan Kadia dan Wua-wua dengan alokasi 8 kursi. “Parpol juga sudah harus menetapkan Bacalegnnya di setiap Dapil itu,” tandasnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top