Pariwara
Metro Kendari

Upah Belum Dibayar, Buruh Proyek RS Bhayangkara Kendari Ancam Jalur Hukum

KENDARIPOS.CO.ID — Upah pekerja proyek pengerjaan partisi dan plafon di salah satu gedung di Rumah Sakit Bhayangkara belum dilunasi. Pemenang tender berbendera CV Lange Prima Kontruksi belum membayarkan gaji buruh bernama Marwa alias Uan. Sekira tiga bulan pemuda 30 tahun itu menanti gajinya dibayarkan. Namun sampai saat ini belum ada kepastian kapan ia akan menerima hasil keringatnya itu.

Uan mengaku berulangkali menempuh langkah persuasif untuk meminta gajinya kepada perusahaan kontruksi dengan Direktur Lili Sudarto itu. Namun hasilnya nihil, ia hanya diberi janji. Karena itu, Uan memilih akan menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan persoalan tersebut. “Mungkin bagi orang lain, nilai uang itu tidak besar. Tapi kita ini orang kecil, jadi uang itu sangat dibutuhkan. Jadi dia harus mengerti dengan keadaan saya,” kata Uan, Kamis (5/7/2018).

Menurut Uan, bukan hanya gajinya yang belum dilunasi. Pekerja lain sering bercerita bila mereka juga belum menerima upah. Nominalnya beragam, ada yang mencapai puluhan juta rupiah. “Bahkan mereka pernah curhat, kalau mereka akan lapor polisi. Tapi sampai sekarang saya tidak tahu bagaimana proses penyelesaiannya,” ujar Uan. Sebagai kepala tukang, Uan harus meminjam uang dari orang lain sebesar Rp 3,8 juta untuk membayarkan gaji anggotanya. “Untuk tutupi gaji anggotaku, terpaksa saya utang dulu. Padahal upah memasang partisi dan plafon belum dibayar oleh kontraktor,” cetus Uan, kesal.

Uan mengaku telah mengirim nomor rekening ke kontraktor dengan harapan gajinya bisa dibayarkan. Namun ternyata tak kunjung ditransfer padahal pengiriman nomor rekening itu atas permintaan kontraktor. Sementara itu, Direktur CV Lange Prima Kontruksi Lily Sudarto mengaku telah membayar semua upah pekerja proyek pemasangan partisi dan plafon di salah satu gedung di Rumah Sakit Bhayangkara. Ia tidak mengenal Uan alias Marwa karena pekerjanya bernama Wandi dan Adhi. “Saya tidak kenal Uan. Kalau bisa pertemukan saya dengan Uan,” pintanya. Soal nomor rekening Uan, kata dia belum ada orang yang mengirimkan nomor rekening kepadanya. “Saya tidak tahu. Belum pernah dikirimkan nomor rekening. Pertemukan saja saya dengan Uan,” katanya. (dan/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top