Pariwara
Politik

Mantan Terpidana Kasus Korupsi Tak Bisa Nyaleg

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memastikan pelaksanaan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Konawe Selatan (Konsel) nerjalan lancar, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat menggelar rapat koordinasi yang melibatkan semua pihak terkait. Rapat koordinasi ini melibatkan partai politik (parpol), kejaksaan, PN, kepolisian, rumah sakit, Badan Narkotika Nasional (BNN) termasuk media massa. “Rapat ini bertujuan untuk memberi pemahaman proses pendaftaran tersebut. Hal ini penting untuk diketahui semua pihak terkait persyaratan pencalonan,” kata Budiman, Komisioner KPUD Konsel.

Sesuai amanah kata dia, posisi KPUD siap melayani. Untuk itulah, parpol dipersilahkan untuk mendaftarkan Bacaleg yang sudah mereka tetapkan di tiap daerah pemilihan (Dapil)-nya. Tentunya, dengan memenuhi semua ketentuan persyaratan. Diantaranya, Parpol merupakan peserta pemilu 2019. Parpol itu juga memastikan setiap dapilnya ada yang diusung calon dari 35 kursi di DPRD Konsel.

Syarat lainnya, komposisi Bacaleg usulan harus memenuhi 30 persen kuota perempuan. Disamping itu, calonnya sudah memenuhi surat keterangan sehat dari RS, bebas narkoba dan dokumen pendukung lainnya. “Selain itu, juga sudah berumur 21 tahun. Serta terpenting bukan mantan terpidana kasus korupsi, bukan mantan terpidana bandar narkoba, dan bukan pelaku kejahatan seksual terhadap anak. Jika ada, maka itu akan kita tolak,” tegasnya. Dengan rentang pendaftaran hingga tanggal 17 Juli mendatang, Parpol bisa memanfaatkan waktu. Untuk itulah, Parpol harus memastikan semua bacalegnnya sudah memenuhi syaratnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top