Pariwara
HEADLINE NEWS

Hasil Pleno KPU Konawe: KSK-GTS Raih 49,43 Persen

Hasil Pleno KPU Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe di salah satu hotel di Unaaha, rabu (4/7). Hasilnya, pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara meraih suara terbanyak, yakni 65.766 suara atau 49,43 persen.

Paslon dengan akronim KSK-GTS ini unggul jauh atas tiga rivalnya. Mereka adalah Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra memperoleh 36.816 suara, H. Litanto dan Hj. Murni Tombili mendapatkan 27.564 suara, sedangkan Muliati Saiman dan Mansur hanya merebut 2.903 suara. Detailnya lihat grafis.

Ketua KPU Konawe, Azwar mengatakan, untuk sementara pihaknya hanya membacakan hasil rekapitulasi suara masing-masing pasangan calon (Paslon). Sementara, untuk penetapan pemenang akan dilaksanakan sesuai jadwal tahapan. “Mekanismenya seperti itu,” ujar Azwar, rabu (5/7).

Dia membenarkan kalau pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Guslin Topan Sabara memperoleh suara terbanyak. Namun, untuk penetapan pemenang akan dilakukan sesuai jadwal. “Sudah ada tahapannya,” jelasnya. Lebih jauh dia menjelaskan, jumlah suara sah sebanyak 133.049 suara, tidak sah 3.055 suara. “Jumlah seluruh surat suara terpakai 136.104 lembar,” ujarnya. Sebagai tambahan, rapat pleno terbuka dihadiri langsung Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo. Pleno itu juga diawasi oleh Panwaslu Konawe. “Proses pleno berjalan lancar,” ujar Sabda, Ketua Panwaslu Konawe yang diaminkan dua rekannya, Rahmat dan Indra Eka Putra.

Kemenangan KSK-GTS di Pilkada Konawe hasil pleno KPU tidak jauh dengan quick count Jaringan Suara Indonesia (JSI). Hitung cepat JSI, KSK-GTS mendapatkan 49,85 suara. Hal itu disampaikan Manager Riset JSI, Andi Nugroho. “Hasilnya tidak akan jauh beda dengan perhitungan KPU,” ujar Andi Nugroho kala itu. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top