Pariwara
Wakatobi

Harga Premium Eceran di Wakatobi Naik Hingga Rp 30 Ribu

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
MAHAL : Harga BBM jenis premium yang langka dan mahal di Wakatobi. Pengecer menjualnya seharga Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu tiap botolnya.

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Wakatobi khususnya yang berada di Wangiwangi kaget dengan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di kalangan pengecer. Sejak pagi hingga siang hari, premium yang harga normalnya Rp 6.450 di SPBU, dijual hingga Rp 30 ribu perbotol. Mahalnya harga bensin di kalangan pengecer ditengarai karena stok minyak yang mulai langka. Bahkan Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) sejak pagi hingga siang hari tak lagi melayani masyarakat.

Warga Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangiwangi, Yati (27), mengaku kaget ketika hendak mengisi kendaraan roda duanya dengan bensin yang dijual pengecer. Ia menyebut harga setengah botol saja Rp 10 ribu dan Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu untuk satu botol. “Saya heran itu yang setengah botol, bahkan tidak cukup, dijual dengan harga Rp 10 ribu. Ternyata setelah saya keliling cari bensin, rata-rata kosong di pengecer apalagi di APMS,” keluhnya, Kamis (5/7).

Sementara itu salah seorang pengecer asal Kelurahan Mandati, Kecamatan Wangiwangi Selatan, Ade (33), mengaku terpaksa menjual bensin dengan harga selangit. Pasalnya, ia membeli BBM jenis premium satu jerigen sebesar Rp 300 ribu. “Satu jerigen isi 20 liter harganya Rp 300 ribu. Makanya kita jual dengan harga segitu supaya ada juga keuntungannya,” argumen Ade.

Menanggapi kondisi tersebut Transportir Penyuplai BBM pada sejumlah APMS di Wakatobi, La Naane, beralasan, saat ini terjadi kelangkaan, karena keterlambatan penyaluran stok dari Depot Pertamina di Baubau. “BBM langka karena ada libur panjang sehingga saya terlambat tebus harga di Pertamina. Juga terjadi cuaca buruk saat ini sehingga kapal belum membawa BBM ke sini (Wangiwangi),” bebernya.

Kendati demikian, ia memastikan stok BBM akan mulai stabil jelang sore hari, kamis (5/7). Pasalnya kapal pengangkut akan tiba jelang sore hari. “Kapal akan tiba dengan BBM jenis premium sebanyak 60 ton, pertalite 15 ton dan 20 ton solar. Jadi, sore ini sudah ada stok BBM,” tutup La Naane. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top