Pariwara
Politik

Said Salahudin: Golkar Diprediksi Main Dua Kaki

Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama pengurus DPP mendapatkan nomor 4 sebagai peserta pemilu 2019 saat pengundian nomor urut parpol di kantor KPU, Jakarta beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Pengamat politik Said Salahudin memprediksi Partai Golkar bakal bermain dua kaki jika Jusuf Kalla maju berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (JK – AHY) sebagai capres – cawapres di Pilpres 2019.

“Golkar dugaan saya akan tetap di Jokowi, tapi kemungkinan akan seperti biasa, bakal dua kaki. Secara organisatoris tetap dukung satu, tapi dari semua pemilihan langsung presiden, Golkar begitu,” ujar Said kepada JPNN rabu (4/7).

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) kemudian membeber sejumlah pengalaman selama pelaksanaan pilpres dengan sistem pemilihan langsung. Misalnya di 2004 lalu, Golkar memilih mendukung pasangan Wiranto-Salahudin Wahid. Tapi sebagian tokohnya mendukung pasangan SBY-Jusuf Kalla.

Kemudian di Pilpres 2009, Golkar mendukung JK-Wiranto, namun sebagian tokohnya mendukung pasangan SBY-Boediono. Demikian di Pilpres 2014 lalu, Golkar mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, namun sebagaian tokohnya memilih mendukung pasangan Jokowi-JK. “Karena itu saya perkirakan, kemungkinan di Pilpres 2019 ini akan terjadi hal yang sama,” ucap Said.

Saat ditanya bagaimana dengan PKB, Said memprediksi sulit mendukung pasangan JK-AHY nantinya. Karena target Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar maju sebagai calon wakil presiden. Nah, karena peluangnya kecil ke JK-AHY, saya prediksi posisi PKB tergantung siapa yang menawarkan posisi sebagai cawapres. Kalau kubu Prabowo Subianto memberi tempat, maka PKB akan bergabung dengan koalisi Gerindra dan PKS. Kalau misalnya kubu Prabowo tak memberi kursi cawapres, demikian juga kubu Jokowi, maka PKB sepertinya merasa lebih aman tetap berada di sisi Jokowi,” pungkas Said. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top