Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Pameran Food Ingredient, Peluang Indonesia Perkenalkan Mamin Lokal

KENDARIPOS.CO.ID — Indonesia sebentar lagi akan mengadakan pekan pameran Food Ingredient Asia 2018. Kali ini Indonesia menjadi tuan rumah acara yang rutin berlangsung setiap tahun antara Indonesia dan Thailand sejak 2010.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman mengatakan, lewat ajang ini Indonesia punya kesempatan memperkenalkan industri makanan dan minuman Indonesia rasa lokal ke kancah Internasional.

“Ini memberikan peluang bagi industri mamin untuk terus tumbuh, baik dari pasar lokal maupun internasional,” kata Adhi di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (4/7).

Menurutnya, industri makan dan minuman menjadi subsektor prioritas pada tahun 2018 yang berpotensi menjadi pendorong pertumbuhan industri non migas. Ia memproyeksikan industri Mamin tahun ini dapat tumbuh 10 persen lebih unggul dari dari tahun 2017.

Adapun tren makanan dan minuman saat ini tengah mengarah pada produk dengan cita rasa nasional, tidak lagi pada rasa-rasa barat seperti makanan khas Italia dan Prancis. “Misalnya minat kopi Indonesia sedang sangat tinggi, dan inovasi seperti mi dengan rasa makanan lokal semakin populer,” tuturnya

Namun sayangnya, mayoritas bahan baku pangan industri masih bersumber impor. Adhi memberi contoh seperti terigu masih seluruhnya impor, susu 80 persen impor, garam 70 persen, gula 80 persen serta bahan perasa dan pewarna 60 persen-70 persen.

“Maka pemain lokal harus memperkuat produksi bahan baku dengan terus berinovasi dan mengembangkan kekayaan Indonesia, tentunya ini didukung dengan penelitian yang memadai,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut, GAPMMI berencana untuk memberikan edukasi mengenai suplai global value chance yang terkait erat dengan ketersediaan bahan dan pemberian nilai tambah produk untuk memberi daya saing lebih.

Sebagai Informasi, Fi Asia 2018 akan diadakan di JIExpo Kemayoran pada 3-5 Oktober 2018 dengan menghadirkan lebih dari 750 peserta pameran makanan dan minuman lokal, regional dan internasional.(JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top