Pariwara
Politik

Hari Pertama Belum Ada Pendaftar, Parpol Masih Penuhi Syarat Pencalonan

Laode Abdul Natsir

KENDARIPOS.CO.ID — Hari pertama pendaftaran bakal calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota Pemilu 2019 masih sepi. Hingga loket pendaftaran ditutup pukul 16.00 Wita, belum ada satupun partai politik (Parpol) yang mengajukan berkasnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan pendaftaran bacaleg akan dibuka hingga tanggal 17 Juli mendatang. Sesuai agenda, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 Wita. Namun untuk hari terakhir diperpanjang hingga pukul 24.00 wita. “Hari ini (rabu), belum ada yang memasukan berkas. Kebanyakan mereka hanya datang berkonsultasi terkait persyarat pencalonan dan syarat calonnya,” katanya saat ditemui di Kantor KPU Sultra, Rabu (4/7).

Pada tahapan ini kata pria yang akrab disapa Ojo ini, parpol akan mengajukan 100 persen disemua daerah pemilihan. Misalnya, untuk DPRD Sultra ada 45 kursi kuota maka yang dicalonkan ada 45 orang tidak boleh lebih. Jika dalam suatu dapil ada 6 kursi maka hanya boleh mencalonkan 6 orang. Demikian juga, di 17 kabupaten/kota menyesuaikan jumlah kuota kursinya.

Dalam proses pengajuan atau pendaftaran kata mantan komisioner KPU Kota Kendari ini, Parpol haruslah memahami syarat pencalonan sehingga bisa terpenuhi. Misalnya, dalam pengajuan itu haruslah ada keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. Jika tak memenuhi hal tersebut maka akan ditolak atau bisa diperbaiki jika masih ada waktu.

“Setiap parpol harus memastikan calon-calonnya harus memenuhi syarat calon seperti surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari RS yang ditunjuk KPU, tidak narkoba, ijazah minimal SLTA, dan lainnya. Termasuk bukan mantan koruptor, napi dan pelaku kekerasan terhadap anak. Jadi, semuanya harus terpenuhi,” tandasnya.

Pendaftarannya kata dia, melalui ketua dan sekretaris di KPU kemudian diverifikasi oleh tim kerja yang ada di masing-masing KPU ataupun LO yang ditunjuk parpol. Bisa juga parpol ataupun calon jika ingin datang dipersilahkan. Untuk itulah, ia berharap proses pendaftaran yang berlangsung 13 hari tersebut bisa dimaksimal oleh parpol. Sehingga, parpol sebaiknya saat ini sudah selesai melakukan seleksi mengenai persyaratan-persyaratan dan calonnnya. Kalaupun ada berkas yang masih kurang, bisa dimaksimalkan dengan menyiapkannya dengan waktu yang ada, sampai hari akhir.

“Identifikasi betul setiap jenis atau syarat dan pahami betul pemenuhan syarat-syaratnya. Sehingga, proses di KPU tidak cepat karena semunya terpenuhi,” katanya mengingatkan. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top